8 Hal Unik dari Sosok Cate Blanchett

Cate Blanchett adalah aktris Australia yang telah membuktikan kapasitasnya dengan meraih sejumlah piala Oscar dan Golden Globe, menjadikannya salah satu aktris tersukses dari negeri kanguru. Catherine Elise Blanchett lahir di Melbourne pada tanggal 14 Mei 1969. Ibunya berasal dari Australia, sedangkan ayahnya adalah orang asli Texas, Amerika Serikat. Sejauh ini, beberapa film terlaris yang sukses melambungkan namanya antara lain The Aviator, The Curious Case of Benjamin Button, dan film-film The Lord of the Rings.

Foto Cate Blanchett

Simak uraian delapan fakta unik tentang Blanchett berikut ini.

1. Blanchett memerankan sosok Katharine Hepburn dalam film The Aviator dan berhasil meraih piala Oscar. Hal ini menjadikan Blanchett satu-satunya aktris yang meraih Oscar ketika memerankan aktor/aktris peraih Oscar (Katharine Hepburn mengoleksi empat Oscar di sepanjang karirnya, terbanyak dalam sejarah perfilman).

2. Semasa kecil, Blanchett suka berdandan maskulin. Sedangkan ketika remaja, ia mengikuti aliran punk dan gothic. Ia pernah mencukur habis rambutnya pada suatu waktu.

3. Blanchett sempat dipertimbangkan untuk mengisi peran sebagai Jane Smith dalam film laga komedi Mr. & Mrs. Smith. Peran itu kemudian didapatkan Angelina Jolie yang dipasangkan dengan Brad Pitt, suaminya kini. Blanchett dan Brad Pitt sendiri pernah bermain bersama dalam film unik The Curious Case of Benjamin Button. Blanchett mendapatkan peran itu setelah Rachel Weisz mundur dari proyek.

4. Blanchett adalah satu dari enam aktor di dunia yang dinominasikan Oscar dua kali atas peran yang sama di film yang berbeda, yakni sebagai Ratu Elizabeth I dalam film Elizabeth (1998) dan Elizabeth: The Golden Age (2007).

5. Penampilannya sebagai Irina Spalko dalam film petualangan Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull menjadi penampilan penjahat terfavorit sang sutradara Steven Spielberg dari seluruh film Indiana Jones.

6. Sejauh ini, Blanchett memegang rekor sebagai aktris Australia dengan raihan Oscar terbanyak, yaitu dua buah. Satu Oscar lain didapatkannya lewat film Blue Jasmine. Dan berkat film itu juga, Blanchett memegang rekor sebagai pemenang penghargaan ‘Aktris Terbaik’ terbanyak dengan perolehan 42 buah.

7. Blanchett dan Kate Winslet sama-sama menerima nominasi Oscar ketujuh mereka di tahun 2016. Winslet mendapatnya berkat film Steve Jobs, sementara Blanchett mendapatkannya lewat film Carol, keduanya di tahun 2015.

8. Blanchett adalah satu dari sembilan aktris yang mendapat nominasi Oscar ketika memerankan karakter ratu asli di dunia nyata.

Komentar Anda