9 Fakta Unik Tentang Sammo Hung

Sammo Hung adalah sosok yang sangat familiar di dunia perfilman, khususnya di daratan Asia. Pria asal Hong Kong ini merupakan seorang aktor, seniman bela diri, produser, sekaligus sutradara. Sammo Hung muncul dalam banyak film laga dan kerap beradu akting dengan nama-nama besar Asia, terutama Jackie Chan. Berikut ini kami hadirkan 9 fakta menarik tentang sosok Sammo Hung.

Sammo Hung

1. Sammo Hung adalah sahabat Jackie Chan selama bertahun-tahun. Keduanya sering tampil bersama dalam berbagai film komedi kung fu, yang dimulai dari film Enter the Fat Dragon di tahun 1978.

2. Pria bernama asli Hong Jin Bao ini mendapatkan nama Sammo Hung di Hong Kong karena kesamaannya dengan karakter kartun China. Karakter tersebut bernama “Sam Mo” yang berarti “Tiga Rambut”.

3. Sammo Hung pernah terlibat perkelahian jalanan yang membuat bibir bagian atas serta sudut mulutnya luka karena dihantam dengan pecahan botol Cola. Luka itu masih terlihat bekasnya sampai sekarang.

4. George Lucas awalnya ingin Sammo Hung menjadi koreografer pertarungan lightsaber dalam film-film prekuel Star Wars.

5. Darah seni memang mengalir di keluarga Sammo Hung. Orangtuanya bekerja sebagai seniman wardrobe di industri film lokal. Neneknya adalah seniman bela diri, sedangkan kakeknya adalah sutradara film.

6. Sammo Hung masuk ke sekolah opera yang sama dengan Yuen Lo. Di sana keduanya mengembangkan rivalitas sekaligus persahabatan. Kelak Yuen Lo akan menjadi aktor internasional bernama Jackie Chan.

7. Ketika syuting film Ip Man 2 di provinsi Guangdong, kesehatan Sammo Hung menurun hingga ia terpaksa dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi pembedahan jantung. Penyebab menurunnya kesehatan Sammo Hung antara lain karena berat badannya, kebiasaan merokok, kelelahan karena syuting panjang, dan makan yang tak teratur.

8. Sebuah band pop asal Wales menamai diri mereka Sammo Hung, sesuai nama aktor satu ini.

9. Sejauh ini, Sammo Hung telah membintangi lebih dari 75 film dan bekerja dalam lebih dari 230 film.

Komentar Anda