Apa Chihuahua Cocok untuk Anak-anak?

Banyak Chihuahua menyukai anak-anak, namun kombinasi dari anjing kecil dan anak kecil bisa menjadi bahaya. Seekor Chihuahua dapat melompat dari tangan anak dan melukai dirinya sendiri jika dia tidak dipegang dengan benar. Chihuahua juga tidak akan ragu-ragu untuk membela diri jika dia sedang dianiaya. Banyak peternak tidak bersedia menjual anak anjingnya pada keluarga yang punya balita karena takut si anjing akan terluka. Chihuahua sangat cocok berada dalam keluarga yang punya anak-anak tenang dan paham cara berinteraksi dengan mereka.

Chihuahua Kecil

Buatlah aturan bahwa anak-anak hanya bisa memegang atau membelai Chihuahua jika dia duduk di lantai. Selalu ajarkan pada anak-anak cara mendekati dan menyentuh anjing, dan selalu awasi setiap interaksi antara anjing dan anak-anak untuk mencegah anjing menggigit atau anak menarik telinga atau ekor anjing. Ajarkan anak Anda untuk tidak pernah mendekati anjing saat dia tidur atau makan atau mencoba mengambil makanan anjing. Sebenarnya, tidak ada anjing yang boleh dibiarkan bersama anak tanpa pengawasan.

Bahkan jika keluarga Anda tidak memiliki anak, Chihuahua Anda harus selalu diakrabkan pada mereka sejak dia masih kecil sehingga dia tidak akan takut ketika bertemu mereka di kemudian hari. Pastikan Anda mengawasinya dengan hati-hati.

Chihuahua bisa rukun dengan hewan peliharaan lain dalam keluarga, termasuk kucing, jika diperkenalkan pada usia kecil. Chihuahua yang tak kenal takut akan sering menunjukkan kekuasaannya di sekitar anjing yang jauh lebih besar darinya, dan ini mungkin saja menimbulkan masalah. Sebab, tidaklah mustahil bagi anjing terkecil ini untuk menjadi makhluk yang paling berkuasa di rumah.

Komentar Anda