Apakah BLACKPINK Punya Peluang Menjadi Girlband Legendaris?

BLACKPINK saat ini ada di puncak pertarungan popularitas di dunia K-Pop. Kita masih ingat betul, ketika YG Entertainment mendebutkan mereka pada tahun 2016, SM Entertainment mencoba ‘menyabotase’ laju mereka dengan merilis album repackaged EXO dan JYP Entertainment makin memanaskan suasana dengan merilis EP ketiga TWICE, Twicecoaster: Lane 1. Namun rupanya BLACKPINK sudah ditakdirkan untuk melaju kencang meski berusaha dibendung oleh para kompetitornya.

BLACKPINK

BLACKPINK in your area langsung mewabah…

Jika ditanya apakah BLACKPINK akan mencapai level popularitas baru dengan rilis-rilis album mendatang mereka, maka jawabannya adalah ya, mereka punya peluang sangat bagus untuk melakukannya.

Meski belum genap setahun dan lagu mereka belum terlalu banyak, BLACKPINK sudah menjadi fenomenal di belantara K-Pop.

Di samping itu, faktor YG Entertainment memegang peranan penting. Sebagai salah satu perusahaan The Big 3, mereka sanggup menggelontorkan uang dalam jumlah besar untuk mendanai promosi artis mereka. Jadi bisa dibilang kesuksesan BLACKPINK sudah digaransi. Jika mereka bisa mempertahankan popularitas ini, sangat besar kemungkinannya mereka bisa melampaui ‘senior’ sekaligus pesaing terberat mereka, TWICE.

BP

Jika pertanyaannya apakah BLACPINK akan memberi dampak dan pengaruh yang sangat besar pada industri musik Korea, mendapat pujian luas berkat konsep inovatif dan lirik mereka yang mendalam; diapresiasi sebagai salah satu girlband paling berbakat dalam hal menyanyi, rap, dan dance, serta menjadi inspirasi bagi semua musisi K-Pop selama beberapa tahun ke depan, jawabannya mungkin tidak, setidaknya untuk saat ini.

Musik BLACKPINK memang  menarik, fun, dan menandai transisi mengagumkan dari pop bubblegum imut yang menjadi imej sebagian besar girlband K-Pop, tapi ini sebetulnya bukanlah sebuah terobosan baru mengingat konsep BLACKPINK nyaris serupa dengan sunbae mereka, 2NE1.

Musisi yang besar adalah mereka yang menuangkan jiwa mereka ke dalam suara, musik, dan seni mereka. Inilah yang menjadi titik lemah BLACKPINK. Karena BLACKPINK tidak menulis lirik dan mengaransemen musik mereka sendiri, sangat sulit bagi mereka untuk menciptakan jenis sound berbeda yang mengekspresikan passion mereka di bidang musik.

2NE1 setidaknya memiliki sosok CL yang beberapa kali terlibat langsung dalam penggarapan lirik lagunya. Wonder Girls juga dianggap sebagai salah satu legenda K-Pop karena para membernya terampil dalam menciptakan dan memproduksi lagu sendiri. Girlband-girlband top macam Girls’ Generation, EXID, Mamamoo, Apink, dan lainnya setidaknya punya beberapa member yang punya skill menciptakan lagu.

Untuk benar-benar dianggap sebagai legenda, BLACKPINK perlu belajar menciptakan lagu-lagu ampuh sendiri. Mereka harus mulai berpartisipasi dalam penulisan dan produksi lagu serta mengembangkan artistry yang menonjol di antara girlband-girlband pesaing mereka. Jika itu bisa dilakukan, bukan mustahil BLACKPINK benar-benar bisa menjadi legenda K-Pop. Yang pasti, Jisoo, Lisa, Rose, dan Jennie masih punya banyak waktu untuk itu.

Komentar Anda