Apakah Henry Ford Bisa Disebut Sebagai Penemu Mobil?

Mungkin tidak ada orang yang paling sering dikaitkan dengan mobil selain Henry Ford. Ford dikreditkan karena mempopulerkan mobil, yang mentransformasikan kegiatan mengemudi dari sekedar hobi orang kaya menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari jutaan orang di dunia. Bayangkan saja bagaimana jadinya dunia jika mobil tidak diadopsi secara masal menjadi moda transportasi dasar.  Faktanya, meski Ford menghadirkan mobil pada kehidupan kita, ia bukanlah orang yang menemukan mobil.

henry-ford
Henry Ford

Kebanyakan sejarawan menyebut penemu Jerman, Karl Benz, sebagai pencipta mobil, meskipun sejumlah orang telah membuat kendaraan bermesin di sekitar kurun waktu yang sama. Benz, yang namanya dijadikan nama perusahaan mobil Mercedes-Benz -yang membuat mobil ultra-mewah yang hanya memiliki sedikit kemiripan dengan mobil asli yang dirancang Benz sendiri-, mengembangkan kendaraan roda tiga bertenaga bensin pada tahun 1885. Pada tahun 1889, Benz menciptakan sebuah kendaraan komersial, Model 3, yang dipamerkan di Pameran Dunia Paris.

Orang lebih mengkreditkan Ford sebagai inovator, bukan penemu atau perakit mobil yang juga sering salah dikaitkan dengannya. Dan meski ia tidak menemukan mobil ataupun perakitan mobil, ia melakukan sesuatu yang bisa dibilang lebih penting: Ford menggabungkan (dan menyempurnakan) lini perakitan dan pembangunan mobil.

Pada tahun 1896, Ford membangun mobilnya sendiri dan ia menyelesaikan prototipe kedua pada tahun 1898. Ia mendirikan dua perusahaan mobil yang gagal sebelum akhirnya mendirikan Ford Motor Company pada tahun 1903.

model-t

Apa yang membuat Ford Motor Company berbeda dengan usahanya sebelumnya adalah bahwa saat ini Ford tidak hanya ingin membangun mobil, tapi ia ingin membangun sebanyak-banyaknya mobil. Banyak perusahaan mobil awal yang dimiliki atau dijalankan oleh mantan pembuat kereta. Kereta dibangun dengan tangan secara perlahan-lahan oleh pengrajin ahli. Dengan menerapkan prinsip pembuatan kereta pada mobil, produsen terus membuat mobil mahal yang tak terjangkau oleh kebanyakan calon pembeli.

Tapi Ford ingin menciptakan “Motorcar untuk banyak orang.” Ford Motor Company telah membuat dan menjual Ford Model A dan Model N, namun pada tahun 1908, Ford memperkenalkan Model T. Model T lebih mudah untuk dikendarai dan diperbaiki dibanding mobil-mobil lain waktu itu. Meski kendaraan ini sangat populer, Ford ingin menurunkan harga dan menjual lebih banyak mobil. Saat itulah perusahaannya mulai membangun Model T pada lini perakitan. Pada tahun 1913, satu unit Model T dapat dibangun hanya dalam waktu dua setengah jam, padahal sebelumnya dibutuhkan waktu 12 jam untuk membangun satu unit mobil.

Jadi sekarang jelaslah sudah, Henry Ford tidak menciptakan mobil, tapi ia merevolusi cara mobil dibangun.

Komentar Anda