Apakah Hidup Positif Bisa Menjaga Jantung Tetap Sehat?

Para peneliti mengatakan bahwa hidup secara positif benar-benar dapat membantu seseorang yang mengidap penyakit jantung tetap sehat. Menurut sebuah studi di Penn State University, emosi positif sering membawa pada kebiasaan sehat yang dapat mengurangi risiko masalah jantung di masa depan.

Hidup Positif

Para ilmuwan memantau lebih dari 1.000 orang penderita jantung koroner untuk mengamati bagaimana menjaga emosi positif dapat membantu mereka.

Peserta penelitian diminta dua kali -pada awal studi dan lima tahun kemudian- untuk menilai sejauh mana mereka telah merasakan 10 emosi positif yang ditentukan, seperti “tertarik,” “bangga,” “antusias” dan “terinspirasi.”

Aktivitas fisik, kualitas tidur, keteraturan pengobatan, dan alkohol serta rokok adalah faktor-faktor yang diukur. Faktor demografi, gejala depresi, dan tingkat keparahan kondisi jantung mereka juga diperhitungkan.

Pasien yang dilaporkan memiliki sikap yang lebih positif ternyata lebih cenderung aktif secara fisik, tidur lebih baik, dan mengonsumsi obat jantung mereka. Mereka juga lebih mungkin menghindari rokok dibandingkan dengan pasien yang menunjukkan tingkat kehidupan positif yang lebih rendah.

Para peneliti menyatakan bahwa orang yang memiliki perasaan yang lebih positif lebih mungkin termotivasi untuk mengikuti perilaku hidup sehat, dan merasa lebih terfokus untuk menjaga rutinitas yang baik berkaitan dengan aktivitas tidur dan kebersihan fisik mereka.

Komentarmu