Artis Cantik Korea yang Juga Piawai Jadi Sutradara

Di dunia perfilman Korea, cukup jarang kita menjumpai sosok aktris yang juga berprofesi sebagai sutradara. Biasanya, mereka akan menikmati karir panjang di depan kamera, baik sebagai aktris, bintang iklan, bintang TV, atau model. Hanya sedikit dari mereka yang berani mencoba tantangan baru, duduk di belakang kamera dan mengatur laku setiap aktor dan mengarahkan semua adegan sebagai seorang sutradara.

Sutradara Cantik Korea

Namun tiga wanita cantik berikut ini telah melakukan debut penyutradaraan di tengah boomingnya karir mereka sebagai aktris. Tentu hal ini sangat layak untuk diapresiasi. Siapa saja aktris istimewa yang juga punya bakat dan ketertarikan menjadi sutradara? Ini dia mereka.

Line

Yoon Eun-hye

Yoon Eun-hye

Perjalanan karir Yoon Eun-hye begitu berwarna. Ia mengawali karir sebagai idol, beranjak menjadi aktris top yang mengalami jatuh bangun, lalu duduk di bangku sutradara, dan bahkan menjajal keterampilan desain fashion dalam acara TV Muse Dress 2. Seusai membintangi Missing You bersama Park Yoo-chun, Eun-hye melakukan debut penyutradaraannya lewat film pendek berjudul The Knitting, yang sebenarnya merupakan tugas kemahasiswaannya di Universitas Chung-Ang. Film itu diskrining di beberapa ajang besar, seperti Busan International Film Festival ke-17, dan bahkan berkompetisi dalam Korean Short Film Competition.

Ku Hye-sun

Ku Hye-sun

Di antara sekian banyak dewi Hallyu, barangkali Ku Hye-sun adalah salah satu yang punya keterampilan paling komplit. Tak cuma aktris dan penyanyi, Hye-sun juga menulis lagu dan menjadi sutradara. Yang istimewa, Hye-sun telah melahirkan banyak karya film hasil penyutradaraannya. Pada periode 2010-2014, ia menghasilkan tiga film panjang. Bahkan perannya dalam tiga film itu tak terbatas sebagai sutradara, melainkan juga penulis skenario, aktris utama, serta sutradara musik. Sedangkan pada periode 2009-2013, ia menyutradarai empat film pendek, dua di antaranya adalah film 3D dan CF alias commercial film. Luar biasa!

Moon So-ri

Moon So-ri

Moon So-ri menjalani karir panjang sebagai aktris dalam banyak film layar lebar. Ia hanya tiga kali tampil dalam serial TV. Ia melakukan debut penyutradaraan lewat film pendek The Actress, di mana ia juga berperan sebagai aktris utama di sana. Film ini ditayangkan perdana dalam ajang prestisius Busan International Film Festival ke-19, di mana So-ri juga menjadi host upacara pembukaan bersama aktor top Jepang, Ken Watanabe. Di tahun 2015, So-ri menjadi aktor Korea pertama yang diundang menjadi juri dalam Locarno International Film Festival. Sutradara artistik festival itu bahkan menyebut So-ri sebagai “permata dari industri film Korea.”

Komentar Anda