Beginilah Cara YG, JYP, dan SM Memilih Leader Grup Idol

Industri K-Pop Korea Selatan didominasi oleh tiga perusahaan hiburan besar, yakni YG, JYP, dan SM. Tiga label entertainment ini telah menghasilkan grup idol yang sukses menguasai chart musik dalam negeri. Menjadi leader grup idol adalah tanggung jawab besar. Seorang leader harus memiliki skill khusus untuk memimpin rekan-rekannya di atas panggung maupun di hadapan publik. Berikut adalah metode yang digunakan tiga agensi besar ini dalam memilih leader grup idol masing-masing.

leader-twice

YG – Anggota tengah

CEO YG, Yang Hyun-suk, pernah menjelaskan dalam sebuah reality show bahwa ia memilih member yang usianya ada di tengah-tengah untuk menjadi pemimpin grup. Konon, dalam sebuah keluarga anak tengah adalah yang paling bermasalah dan punya kecenderungan untuk memberontak dari grup. Hyung-suk mengatakan bahwa ia memberikan tugas besar untuk anggota tengah agar mereka bisa lebih bertanggung jawab, tapi juga bisa menghormati anggota lain yang lebih tua.

Selain itu, YG biasanya memilih anggota yang kepribadian dan karismanya kuat. Hal ini bisa dilihat di BIGBANG, 2NE1, dan iKON. Song Mino seharusnya menjadi leader Winner, tapi diubah menjadi Kang Seungyeon.

JYP – Senioritas

JYP memiliki pendekatan yang berbeda dalam memilih leader grup idolnya. Park Jin-young selalu memastikan perusahaannya untuk membangun hubungan dekat dengan para artisnya. Para trainee yang paling lama dilatih di bawah label ini akan menjadi leader. Hal ini bisa terlihat pada sosok Sunye di Wonder Girls, Jo Kwon di 2AM, Min di miss A, dan Jihyo di TWICE. Idol-idol ini sudah berlatih di bawah bendera JYP selama setidaknya sembilan tahun sebelum debut mereka.

SM – Anggota tertua

Rahasia SM Entertainment dalam memilih leader grup sangat sederhana. Anggota tertua akhirnya akan dipilih menjadi leader grup mereka. Leeteuk di Super Junior, Onew di SHINee, Taeyeon di Girls’ Generation, dan Irene di Red Velvet adalah anggota tertua dari grup masing-masing.

Pada akhirnya, tak peduli siapa yang menjadi leader, sebagian besar grup yang dilahirkan tiga perusahaan raksasa Korea itu bisa sukses dan eksis dalam kurun waktu yang begitu lama.

Komentar Anda