Benarkah ARMY Fandom K-Pop yang Paling Menyebalkan?

Di salah satu forum online, terjadi diskusi menarik tentang apakah fandom Bangtan Boys (BTS), ARMY, adalah fandom paling menyebalkan di jagat K-Pop. Berbagai respon pun bermunculan, termasuk dari kalangan ARMY sendiri. Ada yang membenarkan bahwa ARMY memang keterlaluan, tapi ada pula yang membela bahwa semua fandom punya kelakuan seperti itu. Well, mana yang benar?

ARMY

Untuk menjawabnya, ada dua hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Pertama, fans hanya terlihat menyebalkan di mata mereka yang bukan fans. Seorang penggemar berat sepakbola bisa saja terlihat amat mengganggu di mata orang yang tidak suka sepakbola. Ada 1001 alasan kenapa seorang fans, terutama yang terlalu fanatik dan nekad (sasaeng), bisa terlihat begitu annoying.

Kedua, fandom berbeda dengan fans. Di seluruh fandom boyband dan girlband K-Pop, selalu ada fans yang terlalu fanatik dan militan. Mereka akan melakukan apa saja demi mendukung para idola mereka. Jadi susah menilai mana fandom yang ‘baik’ atau ‘buruk’ sebab seluruh fandom pasti punya ‘penyakit.’

ARMY2

Mungkin ada penonton yang terganggu ketika salah seorang ARMY terus menerus meneriakkan “Jeon Jungkook!” kapan pun golden maknae itu muncul, entah itu di konser, video klip, atau acara TV. Tapi bagi fans Jungkook, hal itu sah-sah saja sebagai ekspresi seorang fans.

Di kalangan ARMY sendiri banyak yang mengingatkan para fans lainnya untuk menjaga sikap dan menghormati para idola mereka di BTS. Karena faktanya, banyak ARMY yang memang menyebalkan dan tak puas dengan apapun. Beberapa dari mereka pernah mengancam akan keluar dari fandom jika akronim BTS diubah dari Bulletproof Boy Scouts menjadi Beyond the Scene.

ARMY1

Ada ARMY yang menyebut V dengan alien dan hal itu membuat sang idol sedih. Bahkan di awal karir BTS ada fans yang meminta Rap Monster keluar dan menghinanya terang-terangan karena dia dianggap tidak tampan dan tidak berbakat. J-Hope juga pernah merasakan bagaimana sejumlah fans secara tak langsung melukai hatinya saat siaran V-Live.

Namun itu semua tak membuat ARMY layak dinobatkan sebagai fandom terburuk karena sekali lagi itu hanyalah kelakuan segelintir fans yang masih kekanak-kanakan. Semakin besar sebuah fandom, semakin besar kemungkinan munculnya fans-fans liar yang bisa mencoreng nama fandom itu sendiri.

Pertanyaannya sama, apakah ARMY fandom yang menyebalkan? Jawabannya relatif, tergantung dari mana kalian melihatnya.

Komentar Anda