Benarkah Sandara Park Penyanyi yang Buruk di 2NE1 Dulu?

Netizen tak berhenti membicarakan 2NE1 meski girlband legendaris itu sudah bubar. Dan salah satu topik yang tetap hangat menjadi bahan pembicaraan adalah soal kemampuan vokal Sandara Park alias Dara. Banyak orang heran kenapa Dara dulu jarang mendapat porsi menyanyi yang besar. Dan banyak pula yang ragu apakah Dara akan mampu bersolo karir sebagai penyanyi.

Dara

Menurut netter, alasan terbesar mengapa Dara tidak pernah benar-benar diberi banyak jatah menyanyi di sebagian besar lagu 2NE1 adalah karena dia bukanlah sosok penyanyi yang sangat bagus. Dia sebenarnya bisa bernyanyi dengan cukup baik dan suaranya terdengar manis atau agresif tergantung nada lagunya, tapi suaranya tak sebagus rekan-rekannya yang lain, misalnya, Minzy.

Tapi Dara tetap populer sebagai penyanyi karena tangan dingin Teddy Park, produser musik YG Entertainment. Teddy tahu persis bagaimana cara agar lagu-lagunya cocok dengan kebutuhan atau kemampuan artisnya (meski harus diakui, bahwa dari tahun 2012 sampai 2014 Park Bom senantiasa terdengar seperti sedang memaksakan suaranya). Berkat kemampuan Teddy itu, suara Dara akan terdengar selalu cocok dengan lagunya. Dara tahu bagaimana cara memaksimalkan apa yang dimilikinya.

Dara sebenarnya direkrut oleh YG untuk menjadi seorang aktris, bukan penyanyi. YG menempatkannya di 2NE1 karena mereka pikir itu akan membuatnya lebih populer di Korea sebelum dia berkelana ke dunia akting dan juga karena dia sudah menjadi selebriti terkenal di Filipina. Tak heran banyak orang Filipina yang kemudian mengenal dan menyukai 2NE1. Di negara itu, 2NE1 punya basis fans yang sangat besar.

Kelebihan Dara lainnya adalah kepribadian baiknya serta chemistrynya dengan para anggota lainnya, khususnya dengan Park Bom dan Chae Rin (CL). Di samping itu, peran Dara sebagai visual grup juga tak bisa dikesampingkan karena dia berkontribusi paling besar dalam mempopulerkan grup ini di awal kiprahnya.

Di dunia K-Pop ada banyak visual yang mendapatkan porsi bagus dalam lagu dan mereka juga merupakan penyanyi atau rapper yang baik, seperti misalnya T.O.P dari BIGBANG, Jaejoong dari JYJ/TVXQ, L dari Infinite, Jin Woo dari Winner, atau Solar dari Mamamoo. Tapi untuk Dara, harus diakui bahwa dia adalah visual murni yang kurang berbakat di bidang tarik suara.

Komentar Anda