BTS dan Masalah Perpanjangan Kontrak dengan Big Hit Entertainment

Hal yang paling dikhawatirkan para fans K-Pop adalah ketika idola mereka membicarakan soal perpanjangan kontrak. Biasanya sekitar tujuh tahun setelah sebuah grup idol debut, masa genting akan terjadi karena mereka bisa dibubarkan tepat di titik ini. Tak bisa dipungkiri, masalah perpanjangan kontrak adalah alasan terbesar bubarnya sebuah boyband atau girlband K-Pop!

BTS

Ini juga menjadi momen di mana pergantian member bisa terjadi karena perusahaan hiburan kadangkala menolak untuk memperpanjang kontrak member tertentu. Kadang ada pula member tertentu yang memutuskan untuk meninggalkan agensi karena tak ada kesepakatan kontrak.

Member pergi dari grup di masa perpanjangan kontrak pernah terjadi pada banyak idol: Minzy dari 2NE1, Jia dari miss A, Seulong dan Jinwoon dari 2AM, Lee Joon dan Thunder dari MBLAQ, Nicole dan Jiyong dari Kara, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Grup idol Shinhwa sangat menarik untuk dibicarakan di sini. Shinhwa adalah grup K-Pop terlama yang pernah ada. Mereka telah bersama selama hampir 19 tahun dan tetap berpromosi bersama sebagai grup idol.

Di BTS, Jungkook memfilmkan Celebrity Bromance dengan member Shinhwa, Minwoo, dan bersama mereka membicarakan apa yang dibutuhkan sebuah grup untuk bertahan lama dan menghindari pembubaran. Kita tak akan membicarakan detail mengenai hal itu, tapi pertama-tama mari kita lihat apa yang terjadi pada Shinhwa saat kontrak mereka diperbarui.

Shinhwa awalnya memulai debutnya dengan SM Entertainment dan ketika kontrak mereka berakhir, SM menawari mereka kontrak baru. Hanya ada satu masalah saat itu: SM tidak menawarkan kontrak baru kepada member Dongwan.

Ini tidak sesuai dengan harapan anggota lainnya, terutama sang leader, Eric, yang sangat memprotes keputusan itu. SM sudah tidak menginginkan Dongwan, namun seluruh member Shinhwa membelanya. Member lainnya menolak kontrak baru dengan SM dan mereka semua menandatangani kontrak dengan perusahaan yang berbeda agar mereka bisa terus bersama.

Mereka bahkan sempat maju ke pengadilan melawan SM untuk mendapatkan hak penggunaan nama grup ‘Shinhwa’ (SM menganggap nama itu sebagai milik mereka sendiri) dan Shinhwa pun memenangkan kasus ini.

Kembali ke BTS. BTS saat ini berada di tahun keempat sejak debut. Panjang kontrak bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya, namun standar industri K-Pop adalah lima atau tujuh tahun setelah debut. Karena itulah BTS hanya punya beberapa tahun lagi untuk mempertimbangkan kontrak dan rencana masa depan mereka.

Akankah BTS bermasalah dengan perpanjangan kontrak dengan Big Hit Entertainment nanti? Semoga saja tidak, karena bagaimanapun BTS telah membesarkan nama Big Hit! Big Hit dulunya adalah agensi kecil yang sangat tidak dipertimbangkan, tapi dengan boomingnya BTS, mereka pun berubah menjadi salah satu perusahaan hiburan besar. Nah kita berharap saja BTS tidak akan tersandung apapun nanti.

Komentarmu