Cara Mengatasi Error 497 di Google Play Store

Google Play Store adalah salah satu market aplikasi terbaik yang ada di smartphone berbasis Android. Tak heran, market ini sudah tersedia dalam bentuk pra-instal pada setiap ponsel pintar ber-OS Android. Mungkin Anda pernah mendapati pesan error berikut muncul di layar smartphone saat Anda hendak mendownload atau mengupdate aplikasi melalui Google Play Store:

Error Play Store

Error: Could not be downloaded due to an error (497)

Yang perlu Anda tahu, angka dalam kurung menunjukkan kode kesalahan, dalam hal ini 497. Sayangnya, kita tak dapat menentukan apa arti kode kesalahan ini. Namun, kami dapat membantu Anda mengatasi kesalahan ini dengan menerapkan trik berikut pada smartphone Android Anda.

Untuk melakukan trik ini, Anda harus menavigasi smatphone Anda dari layar utama ke submenu pengaturan, caranya masuk ke Menu –> Settings –> Application Manager.

Dari situ pindahlah ke tab “All” alias “Semua Aplikasi” dan carilah “Google Play Store”. Ketika Anda sudah menemukannya, tekan untuk melihat informasi tentang aplikasi tersebut. Sekarang, lakukan hal ini secara berurutan:

Clear Cache –> Delete Data –> Uninstall update

Setelah itu, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah matikan smartphone dan restart. Jika Anda sekarang membuka Google Play Store, error 497 seharusnya tidak lagi muncul ketika Anda mendownload aplikasi. Selamat mencoba yah.

Komentar Anda