Fakta-fakta Menarik Tentang Bendera Australia

Bendera Australia

Pada tahun 1900, sebuah jurnal di Australia menyelenggarakan kompetisi untuk mendesain bendera baru untuk Persemakmuran Australia yang baru terbentuk. Entri jurnal diterima oleh pemerintah, dan pada tanggal 1 Januari 1901, pemerintah mengumumkan kompetisi akan diselenggarakan pada tanggal 29 April 1901.

Bendera Australia

Secara keseluruhan, ada 32.823 peserta, yang terdiri atas orang dewasa, remaja, dan bahkan anak-anak. Di hadapan Lady Hopetoun, istri Gubernur Jenderal dan Perdana Menteri saat itu, Sir Edmund Barton, lima peserta dipilih oleh juri ahli sebagai desainer identitas nasional baru, yakni bendera nasional.

Ada beberapa fakta menarik tentang bendera Australia:

Tanggal 3 September 1901 adalah hari ketika bendera nasional Australia dikibarkan untuk pertama kalinya di Gedung Pameran Melbourne.

Pada tanggal 28 Agustus 1996, Sir William Deane, Jenderal Persemakmuran Australia, secara resmi mengumumkan 3 September sebagai Hari Bendera.

Pada tahun 1901, salah satu desainer yang berpartisipasi dalam kompetisi nasional untuk merancang bendera nasional Australia merdeka adalah Ivor Evans, yang merupakan murid sekolah berusia 14 tahun.

Bintang Persemakmuran, juga dikenal dengan nama Bintang Federasi, mewakili enam negara bagian asli yang bersama-sama membentuk Persemakmuran Australia setelah lahirnya federasi. Namun, pada tahun 1909, titik ketujuh ditambahkan ke dalam bintang, yang sampai hari ini, menandai penambahan setiap wilayah baru.

Ada waktu-waktu tertentu ketika bendera Australia dikibarkan selama tujuh hari, terutama pada hari-hari peringatan sejarah tertentu dari negara benua ini.

Bendera Australia berkibar setengah tiang sebagai simbol berkabung. Pada Hari ANZAC, bendera dikibarkan pada posisi setengah tiang sampai siang hari.

UU Bendera Australia disahkan pada tahun 1953.

Hadiah uang untuk merancang bendera nasional Australian adalah 200 pound dan setiap peserta mendapatkan 40 pound.

Advertisements

Be the first to comment on "Fakta-fakta Menarik Tentang Bendera Australia"

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.