Hal-hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Memelihara Leonberger

Jenis anjing berukuran jumbo ini adalah campuran dari Newfie, Saint Bernard berbulu panjang, serta Great Pyrenees. Leonberger membutuhkan banyak olahraga, perhatian, dan ruang, tetapi dengan pemilik yang tepat, mereka bisa menjadi teman yang sangat baik. Dengan penampilannya yang tampak seperti singa dan gonggongannya yang dalam, Leonberger bisa menjadi anjing penjaga yang tampak menakutkan.

Anjing Leonberger

Berasal dari Jerman, peranakan raksasa ini membutuhkan komitmen dari sang pemilik untuk memberikan pelatihan dan toleransi yang tinggi terhadap segala kerusakan dan kekacauan yang bisa mereka timbulkan.

Anjing ini terlihat cantik dalam acara pameran, tapi secara alami mereka lebih suka tempat yang basah dan berlumpur, jauh dari keanggunan seekor singa. Ditambah dengan bulu panjang dan perontokan bulu berlebihan, Leonberger kurang pas dipelihara oleh orang yang terlalu cinta kebersihan. Sosialisasi awal dan intensif serta pelatihan dengan banyak penguatan positif akan mengubahnya menjadi anjing keluarga yang sempurna; tanpa semua itu, anjing ini bisa jadi nakal dan destruktif.

Energi dan kecerdasan tinggi Leonberger membuat mereka menjadi anjing super dalam uji kelincahan dan ketaatan. Mereka juga cocok dijadikan anjing terapi dan anjing penyelamatan air. Leo seperti punya rasa keanggunan tersendiri, tetapi mereka juga bisa bergaul dengan baik dengan hewan lain, termasuk kucing dan kuda. Karena ukurannya yang besar, mereka tidak boleh ditinggalkan sendirian dengan anak-anak. Leo adalah anjing sensitif yang tidak suka perselisihan keluarga. Jangan melakukan pertengkaran keluarga atau pribadi Anda di depan anjing ini atau mereka bisa turut campur.

Leonberger suka berada bersama orang-orang terdekatnya dan tidak suka menghabiskan seluruh waktunya sendirian di halaman belakang. Berilah mereka waktu sekitar satu jam untuk berolahraga setiap hari. Pertimbangkan ukuran Leo sebelum memutuskan untuk memeliharanya di rumah; jenis ini membutuhkan sebuah rumah dengan halaman cukup luas dan kendaraan SUV, bukan sebuah apartemen studio dan mobil kecil. Sisi positifnya, gonggongannya yang mendalam dan ukurannya yang besar sudah lebih dari cukup untuk menghentikan langkah pencuri atau penyusup di rumah Anda.

Leonberger jantan berukuran 70-80 cm, sedangkan betina 64-75 cm. Beratnya berkisar 54-77 kg. Bulu gandanya panjang dan tahan air, bentuknya lurus dan teksturnya cukup lembut. Warnanya bisa kuning seperti singa, emas, hingga coklat kemerahan dengan topeng hitam. Leonberger perlu disikat setidaknya sekali seminggu atau setelah berjalan-jalan. Bulunya akan rontok berat dua kali setahun dan rontok secara moderat di sepanjang waktu.

Komentar Anda