6 Rahasia Sukses Jualan Baju Online Menurut Ahli Bisnis Online

Apakah bisnis jualan baju online masih potensial? Sangat! Apalagi di zaman yang serba digital ini. Di Indonesia, tren jualan baju di internet baru marak sekitar lima tahunan terakhir dengan menjamurnya berbagai macam media sosial dan e-commerce seperti Lazada, Shopee, dan Elevania. Tapi di Amerika Serikat, bisnis ini sudah lama digeluti jauh sebelum kita.

Cara Jualan Baju Online

Chloe Binetti, seorang pakar bisnis pakaian online asal New York yang sudah sukses meraup keuntungan besar dari rumah membagikan tips-tips kunci agar Anda sukses berbisnis online. Chloe mengais jutaan dolar AS per tahun dari berjualan baju online di situs Poshmark sejak tahun 2013. Tips-tips Chloe itu dirangkum oleh situs Real Simple dan kami akan membagikannya untuk Anda semua.

Tips jualan baju online ala Chloe Binetti.

1. Tentukan target yang jelas dan ikuti tren

Misalnya, jika Anda ingin menghasilkan 5 juta rupiah dalam sebelum, artinya dalam setahun Anda akan menghasilkan 60 juta rupiah.

“Jika Anda memfokuskan energi Anda pada penjualan, Anda akan mencapai target itu dengan cepat -entah Anda bekerja part time atau full time,” kata Chloe Binetti.

Setelah Anda menentukan pasar Anda, langkah selanjutnya adalah mencari sumber inspirasi yang tepat.

“Saya mendasarkan sumber inspirasi saya pada dua hal: Tren saat ini dan harga yang saya beli untuk sebuah item,” kata Chloe.

“Apa pun yang dikenakan orang di media sosial, orang lain akan membelinya. Artinya, semakin barang Anda sejalan dengan tren saat ini, semakin besar kemungkinan barang dagangan Anda laku,” pungkasnya.

2. Lakukan riset pasar

Lakukan riset pasar untuk menentukan harga barang Anda. Meskipun Anda dapat melakukan ini melalui pencarian cepat di Google, aplikasi e-commerce seperti Shopee bisa menampilkan barang yang sama seperti dagangan Anda, berapa harga pasarannya dan berapa item yang telah terjual di suatu toko.

Chloe menjelaskan, “Bahkan jika ada orang lain saat ini yang menjual barang yang sama dengan Anda, Anda tidak perlu memasang harga yang lebih rendah supaya terlihat kompetitif.”

Karena itulah, sebaiknya Anda meriset item baju apa yang paling pasaran dan tentukan apa keunikan dari produk baju Anda.

3. Pakailah model

Jual Baju Online di Internet

Pakailah jasa seorang model (bisa Anda sendiri atau orang lain) untuk mengenakan produk baju Anda sehingga calon pembeli dapat memvisualisasikan seperti apa baju itu jika dipakai dan apakah cocok dengan mereka. Jika perlu, setiap ukuran baju perlu ditampilkan visualisasinya melalui model.

4. Harus spesifik

“Jelaskan setiap detail kecil tentang kondisi item Anda,” ungkap Chloe. “Misalnya, jika ada satu kekurangan kecil, sebutkan itu, jika tidak pembeli akan komplen belakangan. Anda juga bisa memberikan saran fashion pribadi untuk membantu calon pembeli memvisualisasikan bagaimana pakaian Anda dapat dengan mudah disatukan dengan pakaian mereka sendiri.”

5. Share dan iklan

Setelah mendaftar item dagangan Anda, saatnya Anda membagikannya secara teratur di media sosial. Semakin sering Anda ngeshare produk yang Anda jual, semakin besar kemungkinan orang tertarik melihat-lihat produk Anda. Untuk lebih cepat dan efektif, Anda bisa menyisihkan beberapa pendapatan untuk mengiklankan dagangan atau toko Anda di Facebook, Instagram, atau Google Adwords. Intinya, Anda harus rajin-rajin promosi.

6. Inventarisasi

Lacak inventaris Anda dari awal karena ini penting dalam menjalankan bisnis jualan baju.

Chloe menceritakan, “Saya tidak tahu berapa banyak pesanan yang harus saya batalkan selama setahun terakhir ini karena saya tidak dapat menemukan barang yang dicari orang. Saya tidak ingat apakah saya menyimpan barang itu di rumah, di gudang penyimpanan, atau memberikannya pada orang lain. Karena itu Anda harus teratur dalam menginventarisir produk Anda karena itu adalah kunci supaya Anda tidak rugi.”

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.