Karakteristik Umum Anjing Chihuahua

Chihuahua terkenal sebagai anjing terkecil di dunia, tetapi mereka mungkin memiliki kepribadian terbesar di dunia yang tersembunyi di dalam tubuh kecilnya. Persona semacam itu membuatnya menarik bagi pria maupun wanita. Suka bersenang-senang dan menyibukkan diri, Chihuahua suka berada dekat dengan orang-orang ‘kepercayaan’ mereka. Chihuahua akan mengikuti mereka ke mana-mana di rumah atau naik di tas kecil majikannya ketika mereka bepergian atau berbelanja. Tidaklah aneh bagi Chihuahua untuk membentuk ikatan erat dengan satu orang saja, dan mereka bisa menjadi sangat menuntut jika dimanja.

Chihuahua

Selain menjadi teman serumah yang manis, Chihuahua adalah pelajar yang cerdas dan cepat. Mereka bisa bersaing dalam uji kelincahan dan ketaatan dengan tingkat antusiasme dan kesuksesan yang sama dengan anjing yang lebih besar. Mereka adalah anjing-anjing kecil yang degil. Kunci keberhasilan melatih Chihuahua terletak pada kemampuan Anda untuk membujuk mereka bahwa persaingan -atau sekedar melakukan tugas yang Anda minta- adalah hal yang menyenangkan. Gunakan pendekatan positif dalam bentuk pujian dan imbalan makanan ketika melatih Chihuahua. Dia tidak akan menanggapi perlakuan kasar.

Penting bagi Anda untuk memperhitungkan ukuran kecil Chihuahua. Anjing ini adalah penjelajah yang berani dan penuh rasa penasaran. Mereka bisa kabur dari pekarangan melalui celah-celah kecil di pagar dan dapat masuk ke tempat-tempat sempit yang tidak bisa dimasuki anjing kecil lainnya. Dan meskipun mereka cenderung berkuasa, mereka bisa terluka secara tak sengaja oleh anjing yang lebih besar dan kasar.

Chihuahua tidak dianjurkan dipelihara di rumah yang memiliki anak-anak di bawah usia delapan tahun, alasannya adalah karena kemungkinan cedera oleh anak kecil. Terlepas dari situasi keluarga Anda, mensosialisasikan Chihuahua pada anak-anak, orang dewasa, dan hewan lainnya amatlah penting. Chihuahua selalu curiga terhadap orang asing, yang menjadikan mereka anjing pengawas yang baik, tetapi mereka juga perlu diajari cara menyambut orang lain dengan ramah.

Penting juga untuk diingat bahwa Chihuahua cenderung lupa bahwa mereka kecil dan akan melawan anjing agresif yang ukurannya lebih besar. Karena itulah, Chihuahua perlu pengawasan tinggi jika berada dalam situasi baru, ketika mereka berada di jalanan, atau ketika mereka berada di halaman.

Kepribadian dan ukuran Chihuahua yang unik membuat mereka cocok jadi pendamping yang setia. Orang-orang yang hidup dengan Chihuahua akan setia kepada mereka. Banyak yang bilang jika Anda bisa hidup bersama dengan seekor Chihuahua, maka Anda tidak akan memerlukan anjing jenis lain sebagai teman.

Komentar Anda