5 Alasan Kucing Suka Berkelahi dan Cara Menanganinya

Loading...

Jika kucing Anda suka berantem dengan kucing lain di sekitar lingkungan atau bahkan di dalam rumah, Anda perlu mencari tahu alasan perilaku bermasalah ini. Kenali lima alasan umum ini agar Anda dapat mengatasi situasi ini dan membantu kucing Anda menjalani kehidupan yang lebih damai.

Gambar kucing berkelahi

1. Agresi territorial di rumah


Kucing sangat sensitif terhadap perubahan di lingkungan mereka, dan ini termasuk menambahkan kucing baru atau anak kucing ke dalam rumah Anda. Jika Anda tidak memperkenalkan kucing baru dengan baik, Anda dapat memicu konflik antar kucing yang bisa melibatkan perkelahian.

Menariknya, terkadang dua kucing tampak akur jika salah satu dari mereka lebih muda, tetapi ketika kucing itu mencapai kematangan sosial, agresi dapat muncul dari kucing yang lebih tua atau kucing yang lebih muda, atau terkadang dari keduanya.

Cara mencegahnya

Cara terbaik untuk mencegah hal ini adalah dengan memperkenalkan kucing baru dengan cara yang tepat untuk meminimalisir stres dan memberi kesan positif bagi kedua kucing. Kucing harus diberi banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan satu sama lain. Beri mereka banyak ruang untuk bergerak, termasuk ruang vertikal seperti pohon, tempat bertengger di dinding, dan tempat untuk bersembunyi.

Pada awalnya Anda mungkin perlu menaruh kucing baru di ruangan terpisah agar mereka hanya bisa saling mencium dan mendengar satu sama lain, lalu perlahan-lahan memberi akses mereka untuk saling mengenal sambil memasangkan mereka dalam hal-hal yang mereka sukai, seperti saat makan, bermain, dan menyikat bulu.

Jika dua kucing Anda yang sebelumnya akur kini berkelahi, perlakukan mereka sebagai “kucing baru” dan ikuti langkah pengenalan kucing baru seperti di atas.

2. Agresi territorial di luar rumah

Gambar kucing duel

Jika Anda memiliki kucing di dalam dan di luar ruangan, kucing Anda mungkin akan berkelahi dengan kucing lain yang mendekati atau masuk ke dalam batas wilayah rumah Anda. Ini karena sifat kucing yang teritorial.

Cara mengontrolnya

Menjaga kucing tetap berada di dalam ruangan adalah salah satu cara untuk mengatasi perkelahian jenis ini. Anda dapat memasang pintu kucing dan “ruang bermain” outdoor agar dia bisa menikmati suasana di luar rumah tetapi masih tetap aman dari gangguan kucing dan predator lainnya. Anda juga bisa mencoba berbagai cara lain agar kucing lain tidak masuk ke halaman Anda meskipun ini bisa sulit dilakukan tergantung kondisi halaman, pagar, dan kemauan tetangga untuk mengendalikan kucing mereka.

3. Agresi terkait musim kawin

Gambar kucing berantem

Jika Anda memiliki lebih dari satu kucing jantan dan salah satu dari mereka tidak dikebiri, Anda mungkin akan melihat kucing-kucing Anda berkelahi selama musim kawin. Pejantan akan berkelahi satu sama lain untuk mendapatkan kucing betina bahkan jika Anda tidak memelihara kucing betina di rumah. Mereka bisa saja merasakan panas kucing betina di rumah tetangga atau kucing betina liar yang berkeliaran di luar.

Cara Menghentikannya

Mengebiri semua kucing jantan dapat membantu mengurangi agresi jenis ini serta perilaku tidak menyenangkan lainnya yang mungkin menyertainya.

4. Agresi indukan

Bentuk lain dari agresi antar kucing terkait dengan kucing betina yang baru saja melahirkan. Jika kucing lain berjalan di dekat bayi-bayinya, si ibu kucing bisa menjadi agresif untuk melindungi anak-anaknya.

Cara Mengontrolnya

Dalam kasus-kasus ini, agresi ini akan mereda ketika anak-anak kucing disapih, tetapi Anda harus memberi sang ibu dan bayinya tempat yang tenang dan bebas dari kucing-kucing lain sampai dia merasa aman dan nyaman.

5. Agresi terkait stres atau ketakutan

Kucing yang tertekan oleh rangsangan di lingkungannya dapat “mengalihkan” kecemasan mereka pada kucing lain yang sering kali berbentuk agresi. Mendengar suara menakutkan atau melihat hewan lain di luar jendela adalah jenis stres yang dapat menyebabkan kucing berperangai agresif ke yang lain.

Loading...

Cara Menanganinya

Dalam hal ini, Anda perlu mengidentifikasi pemicu perilaku ini dan mencoba untuk menghilangkannya jika memungkinkan. Pisahkan kedua kucing untuk sementara waktu, dan jika perlu, lakukan proses pengenalan ulang lagi.

Permainan ‘berkelahi’ antar kucing

Banyak spesies hewan yang bermain satu sama lain dengan cara bertarung. ‘Play fighting’ mungkin terlihat menakutkan tetapi sebenarnya ini merupakan perilaku yang sangat menyenangkan bagi kedua kucing. Namun, permainan berkelahi dapat berubah menjadi perkelahiran sungguhan jika salah satu kucing atau keduanya menjadi terlalu terangsang dan gelisah.

Karena bermain adalah kegiatan yang bagus untuk binatang apa pun, Anda tidak perlu menghentikan kucing yang melakukan play fighting jika mereka benar-benar menikmatinya, namun Anda tetap harus mengawasi permainan jenis ini dan mencari tanda-tanda di luar kebiasaan. Bergeraklah untuk mengalihkan perhatian kucing jika play fighting mulai memanas.

Menangani agresi antar kucing

Sangat penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menghentikan kucing Anda berkelahi. Jangan pernah campur tangan secara fisik karena Anda bisa terluka parah dan hindari menggunakan sesuatu yang berbahaya karena hal ini dapat membuat kucing semakin agresif satu sama lain. Fokuslah untuk mengalihkan perhatian dan memisahkan mereka, kemudian lakukan proses untuk memperkenalkan kembali mereka dan memberikan kesan positif untuk memperbaiki perilaku mereka.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.