12 Manfaat Kopi, dari Melawan Kanker Sampai Menajamkan Ingatan

Jika Anda adalah fans berat kopi, maka mungkin Anda sudah cukup familiar dengan bermacam manfaat yang ditawarkan si hitam ini. Tapi kali kami akan mengajak Anda mengupas secara lebih mendalam tentang berbagai manfaat besar yang diberikan kopi pada kesehatan tubuh kita. Anda akan punya alasan kuat kenapa kecanduan kopi itu baik!

1. Kopi Mengurangi Resiko Kanker Kulit

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Jiali Han, Song F, dan Qureshi AA dari Harvard School of Public Health dan Brigham and Women’s Hospital di Boston, peningkatan asupan kafein akan mengurangi risiko karsinoma sel basal pada kulit. Ini adalah jenis kanker kulit yang umum, meski tidak mematikan, penyakit ini akan menyebabkan kerusakan dengan menyerang jaringan di sekitarnya.

Kelebihan Kopi

Karsinoma sel basal (BCC) terlihat seperti luka terbuka dan bercak merah dengan bekas luka berwarna merah muda. Ini biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu lama atau radiasi ultra violet lainnya. Oleh karena itu, jika Anda suka berjemur dan tidak memiliki perlindungan tabir surya yang cukup, peluang Anda untuk mendapatkan BCC menjadi lebih tinggi.

BCC adalah bentuk paling umum dari kanker kulit di negara-negara di mana berjemur sudah menjadi tradisi. Di Amerika Serikat saja, ada sekitar 2,8 juta kasus BCC didiagnosis setiap tahun. Meskipun pengobatannya tersedia dalam bentuk operasi atau radiasi serta terapi fotodinamik, tidak ada salahnya meminum lebih banyak kopi sebagai satu bentuk pencegahan.

Bagaimana Kafein Melindungi Anda?

Berdasarkan penelitian, paparan sinar ultraviolet yang lama dapat merusak sel kulit yang nantinya bisa menjadi tumor. Kafein bisa menghilangkan sel-sel yang rusak ini dan karenanya mengurangi kemungkinan menjadi tumor.

Nutrisi dalam kopi

Meskipun tidak semua nutrisi dalam biji kopi akan masuk ke dalam cangkir kopi hitam Anda, berikut adalah daftar nutrisi yang menjadikan kopi minuman sehat:

  • Kalium
  • Niacin (B3)
  • Vitamin E
  • Magnesium
  • Mangan
  • Asam pantotenat (Vitamin B5)
  • Riboflavin (Vitamin B2)
  • Antioksidan

2. Kopi Mengurangi Resiko Kanker Prostat

Kafein adalah penghancur tumor kanker yang baik. Selain mengurangi risiko pengembangan karsinoma sel basal dan efektivitasnya dalam memerangi kanker hati dan kanker kolorektal, studi baru menunjukkan bahwa kopi juga sama efektifnya dalam menurunkan risiko kanker prostat.

Seperti dilaporkan dalam Medical News Today, penelitian yang dilakukan di Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle menyimpulkan bahwa kopi dapat menghambat perkembangan atau kambuhnya kanker prostat.

Meskipun penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk menentukan bagaimana hal ini bisa terjadi, peneliti berasumsi bahwa fitokimia dalam kopi bermanfaat dalam menciptakan efek anti-inflamasi dan antioksidan untuk menghancurkan tumor. Fitokimia ini adalah kafein, diterpenes cafestol, kahweol, dan asam klorogenik, yang diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel.

Dalam studi lain yang dilakukan di Harvard School of Public Health, peneliti juga menyimpulkan bahwa ada kaitan antara minum kopi dan penurunan perkembangan kanker prostat. Statistiknya sangat mengesankan. Bila dibandingkan dengan bukan peminum kopi, risiko kanker prostat berkurang 29% di kalangan peminum kopi reguler. Untuk peminum kopi berat enam cangkir sehari atau lebih, risikonya turun sampai sebesar 60%.

Namun, disimpulkan bahwa penelitian lain harus dilakukan untuk menentukan komponen spesifik yang bertanggung jawab atas penurunan resiko kanker prostat ini. Oleh karena itu, terus nikmati secangkir kopi harian Anda sambil mengetahui bahwa kopi itu baik untuk prostat Anda.

3. Kopi Meningkatkan Kekuatan Memori

Kita semua sudah tahu bahwa kafein akan membuat kita tetap terjaga dan meningkatkan konsentrasi kita, tapi tahukah Anda bahwa kopi juga bisa meningkatkan daya ingat Anda? Benarkah kopi sehebat itu?

Dalam penelitian yang dilakukan di The Johns Hopkins University, kafein ternyata dapat memperbaiki ingatan tertentu hingga 24 jam setelah dikonsumsi.

Penelitian tersebut merekrut relawan yang bukan peminum kopi rutin dan diberi paling sedikit 200 mg kafein (seukuran kopi premium kecil, itulah jumlah yang dibutuhkan agar kopi bisa efektif bekerja pada memori) dan mereka ternyata memiliki ingatan yang lebih baik terhadap bahan uji dibandingkan dengan mereka yang diberi plasebo.

Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Manfaat Kopi

Seperti yang dijelaskan oleh Michael Yassa, Profesor Psychological & Brain Sciences di The Johns Hopkins University:

Kafein akan mengaktifkan sistem saraf simpatik dan merangsang pelepasan norepinephrine. Hormon stres ini akan meningkatkan tekanan darah dan kemudian meningkatkan detak jantung. Bahan kimia tersebut mengirimkan sinyal ke otak bahwa ada sesuatu yang penting yang terjadi, dan meminta otak untuk menyimpan informasi tersebut untuk waktu mendatang.

Jadi, untuk mendongkrak memori, kapan waktu yang tepat untuk minum kopi?

Menurut Michael Yasaa, minum 200 mg kafein dalam waktu 30 menit sebelum rapat atau tepat setelah itu akan meningkatkan ingatan Anda setidaknya selama 24 jam.

4. Kopi Meningkatkan Kinerja Fisik Anda

Berdasarkan laporan yang diterbitkan di Journal of the International Society of Sports Nutrition edisi 27 Januari 2010, meminum kafein 15-30 menit sebelum berolahraga akan meningkatkan performa Anda. Kopi akan meningkatkan daya tahan tubuh, kekuatan otot, dan memungkinkan Anda bekerja lebih keras dan lebih lama. Begitu hebatnya kopi!

Penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa kafein akan sangat menguntungkan bila diminum para olahragawan dengan intensitas tinggi seperti sepak bola, dayung, hoki, dan lainnya. Kafein tidak hanya akan meningkatkan performa fisik Anda, tapi juga akan meningkatkan pemulihan dari kelelahan setelah berolahraga.

Anda tidak memerlukan kafein dosis tinggi untuk mencapai semua itu; cukup dengan secangkir kopi favorit dan Anda bisa merasakan manfaat besarnya.

Kopi: Manfaat Kesehatan Lainnya yang Sudah Teruji

Fungsi Kopi

Ada beberapa manfaat kesehatan luar biasa dari minum kopi dan ini sudah didokumentasikan dengan baik. Untuk meringkasnya, berikut adalah uraian singkat untuk masing-masing manfaat kopi.

5. Kopi bisa mengurangi resiko sirosis hati

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, resiko Anda untuk mengembangkan sirosis hati lebih tinggi. Minum kafein akan menurunkan risiko ini.

6. Kopi akan membangun sistem kekebalan tubuh Anda

Tingginya kadar antioksidan dalam kopi akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu Anda melawan penyakit.

7. Kopi mengurangi resiko diabetes tipe 2

Kandungan antioksidan yang sangat kuat dalam kopi membantu mengurangi kerusakan jaringan. Magnesium dan kromium yang hadir dalam kopi akan membantu tubuh menggunakan insulin untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh.

8. Kopi dan penurunan berat badan

Kafein akan merangsang sistem saraf pusat yang kemudian akan meningkatkan tingkat metabolisme basal. Ini kemudian akan membakar ekstra kalori.

9. Kopi bisa menurunkan resiko kanker hati

Efek menguntungkan kopi pada diabetes, yang merupakan risiko kanker hati yang umum, dan kemampuan kopi untuk mengurangi risiko sirosis dan enzim hati, adalah faktor penting yang berkontribusi terhadap kemampuan kopi dalam menurunkan risiko kanker hati.

10. Kopi bisa mencegah kambuhnya kanker payudara

Pasien yang mengonsumsi obat Tamoxifen bersama kopi akan mengurangi kemungkinan kanker payudara berulang. Sebuah studi di Lund University di Swedia menunjukkan bahwa kafein berinteraksi dengan Tamoxifen untuk membuatnya bekerja lebih efisien.

11. Kopi membantu melawan penyakit Delay Parkinson dan Alzheimer

Kafein akan menghentikan produksi beta-amyloid, protein yang menumpuk di otak dan memungkinkan tubuh memetabolisme semua protein yang ada. Bila tidak ada ‘sisa protein’ ini di otak, masalah demensia akan berkurang.

Kafein juga akan memblokir sinyal otak yang tidak berfungsi dengan baik pada penyakit Parkinson, dan karenanya kopi bisa mengurangi tremor yang dialami penderita Parkinson

12. Kopi bisa melawan depresi, membuat Anda lebih bahagia, dan mengurangi kemungkinan bunuh diri

Tingginya kadar antioksidan dalam kopi bisa memicu munculnya mood bahagia Anda. Kafein juga akan merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi neurotransmitter ‘bahagia’ di otak.

Masalah dan Efek Samping Minum Kopi Terlalu Banyak

Semua hal baik pasti punya kekurangan, dan sayangnya kafein juga sama. Kafein dapat membuat kerusakan pada sistem saraf pusat dan metabolisme tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah besar lebih dari 500 sampai 600 mg dalam sehari.

Namun, setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap jumlah yang dikonsumsi, tergantung pada seberapa banyak kafein yang biasa Anda minum. Beberapa masalah yang mungkin Anda alami adalah sebagai berikut:

1. Kafein adalah diuretik yang menghilangkan cairan dari tubuh.

2. Oleh karena itu, kafein bisa menyebabkan dehidrasi. Disarankan untuk setiap secangkir kopi yang Anda minum, minumlah secangkir air putih.

3. Karena kopi akan membuat Anda lebih terjaga, Anda mungkin mengalami masalah saat tidur. Jadi berhentilah minum kafein setidaknya lima jam sebelum tidur.

4. Dapat menyebabkan sakit kepala dan pusing saat tubuh lelah, tapi Anda tidak bisa beristirahat karena kafein memberi Anda dorongan energi ekstra.

5. Kafein bisa membuat Anda gemetar dan gelisah.

6. Kopi juga bisa membuat jantung Anda berdetak lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah.

Nah itulah berbagai manfaat kopi beserta efek sampingnya. Sudahkah Anda memutuskan untuk menjadi peminum kopi sejati?

2 thoughts on “12 Manfaat Kopi, dari Melawan Kanker Sampai Menajamkan Ingatan

Komentar Anda