Memangkas Gula Bisa Tingkatkan Kesehatan Anak dengan Cepat

Anak sangat dekat dengan bermacam makanan yang bergula, mulai dari cemilan hingga makanan utama. Namun tahukah Anda, memangkas habis gula dari makanan anak dapat memperbaiki tekanan darah, kolesterol, dan penanda kesehatan lainnya hanya dalam waktu 10 hari, ungkap sebuah studi baru dari National Institutes of Health.

Makanan gula

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Obesity ini memberi pencerahan terhadap perdebatan panjang tentang apakah gula itu sendiri yang merugikan kesehatan ataukah kenaikan berat badan (sebagai akibat konsumsi gula berlebih) yang menyebabkan masalah kesehatan.

Para peneliti menyingkirkan makanan yang mengandung gula tambahan dari makanan anak-anak dan menggantinya dengan bentuk lain dari karbohidrat, sehingga asupan kalori tidak berubah. Setelah penggantian itu, kadar gula hanya menyumbang 10 persen dari kalori harian, sejalan dengan rekomendasi komite pedoman diet.

Peserta terdiri atas 43 anak-anak berusia antara 9 sampai 18 tahun, semuanya berkulit hitam atau keturunan Hispanik dan didiagnosis menderita obesitas, dengan setidaknya menunjukkan satu atau lebih tanda-tanda sindrom metabolik. Sebelum percobaan, kelompok itu mengasup rata-rata 27 persen dari kalori harian mereka dari gula.

Meskipun ada sedikit perubahan berat badan, para peneliti melihat “perbaikan dramatis” dalam kesehatan. Tingkat kolesterol LDL turun 10 poin, tekanan darah diastolik turun lima poin, dan kadar lemak tertentu dalam darah turun 33 poin. Perbaikan juga terlihat pada gula darah dan insulin.

Data ini mendukung klaim ahli sebelumnya yang menyatakan bahwa “semua kalori tidak diciptakan sama.” Kalori dari gula, menurut kesimpulan penelitian ini, terutama dapat menyebabkan diabetes tipe 2 atau penyakit metabolik terkait lainnya.

Komentar Anda