Mengenal Alpaca, Hewan Unik Asli Amerika Selatan

Alpaca adalah hewan unik yang termasuk ke dalam keluarga unta dan menyerupai llama, yang berkaitan erat dengannya. Nama Latin atau nama ilmiah alpaca adalah Lama pacos. Hewan ini dipelihara untuk diambil wolnya. Alpaca paling banyak diternakkan di daerah Amerika Selatan.

Alpaca

Alpaca bisa ditemukan di tanah berawa pada ketinggian di atas 13.000 kaki (4.000 meter). Saat ini, alpaca paling banyak ditemukan di Peru tengah dan selatan serta Bolivia barat di Amerika Selatan. Orang-orang Indian dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan telah memelihara alpaca sejak beberapa ribu tahun yang lalu.

Meskipun alpaca adalah anggota dari keluarga unta, mereka tidak memiliki punuk. Seperti llama, alpaca adalah mamalia bertubuh ramping dengan leher dan kaki panjang, ekor pendek, kepala kecil, dan telinga besar yang runcing.

Tinggi alpaca sekitar 35 inci (90 cm) sampai bahu, dan beratnya antara 121 sampai 143 pound (55-65 kilogram). Warna lapisan bulunya bervariasi dari hitam atau cokelat sampai abu-abu dan dari sawo matang sampai kuning pucat dan kadang-kadang putih. Alpaca memiliki harapan hidup alami antara 15 sampai 20 tahun.

Alpaca diternak terutama untuk diambil wol halusnya, dan hewan ini biasanya dicukur atau dipangkas setiap dua tahun. Wol alpaca dikenal ringan, kuat, mengkilap, hangat, serta tahan hujan dan salju. Wol ini kadang-kadang dikombinasikan dengan serat lain untuk membuat kain baju yang ringan. Ada dua jenis alpaca, huacaya dan suri. Suri memberikan wol halus sekitar 6½ pound (3 kilogram) per hewan, sedangkan huacaya memberikan wol kasar dengan berat sekitar 5½ pon (2,5 kilogram) per hewan. Peru adalah produsen terkemuka wol alpaca.

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.