Mengenal Hujan Asam yang Berbahaya

Hujan Asam

Hujan asam adalah suatu bentuk polusi udara. Ketika batubara dan minyak bumi dibakar dalam kendaraan, pembangkit tenaga listrik, dan pabrik-pabrik, mereka melepaskan gas berbahaya tertentu ke udara. Gas-gas ini bergabung dengan oksigen dan air di udara. Ketika air di udara turun sebagai hujan, hujan es, atau salju, gas-gas ini ikut terbawa. Inilah yang dikenal sebagai hujan asam. Hujan asam sangat merusak semua bentuk kehidupan.

Hujan Asam

Hujan asam dapat mencemari danau dan sungai, membunuh ikan dan organisme lain yang hidup di dalamnya. Hujan asam juga merusak berbagai jenis vegetasi, termasuk tanaman pertanian dan pepohonan. Selain itu, hujan asam juga merusak permukaan bangunan dan struktur lainnya.

Pada awal tahun 1990-an, puluhan ribu danau telah dirusak oleh hujan asam. Masalah yang paling parah terjadi di Norwegia, Swedia, dan Kanada. Kerusakan dari hujan asam tidak terbatas pada negara-negara yang menghasilkan polusi. Hal ini karena angin membawa polusi ke seluruh dunia.

Meskipun sudah banyak diskusi dilakukan antara banyak negara, masih belum ada solusi yang jelas untuk masalah ini. Alasan utama adalah bahwa mengendalikan polusi hujan asam memerlukan biaya mahal. Namun, karena kerusakan dari hujan asam terhadap lingkungan sifatnya permanen, kerugian lingkungan akan jauh lebih besar.

Baca Juga:  Benarkah Banyak Mayat Berserakan di Gunung Everest?

Be the first to comment on "Mengenal Hujan Asam yang Berbahaya"

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.