Mengenal ‘Kota Beruang’ Bern di Swiss

Bern adalah ibu kota Swiss, sebuah negara indah di Eropa Tengah. Sungai Aare mengalir melalui bagian tua dari kota ini. Nama Bern berasal dari sebuah kata dalam bahasa Jerman yang berarti “beruang.” Beruang adalah simbol kota Bern. Binatang-binatang buas ini telah dipamerkan di kota Bern selama ratusan tahun.

Kota Bern

Bagian tua kota Bern memiliki banyak bangunan yang berasal dari tahun 1100 sampai tahun 1700-an. Salah satu bangunan tersebut adalah Katedral Bern, katedral bergaya Gothic yang dibangun pada tahun 1400-an. Katedral ini terkenal dengan menaranya yang menjulang tinggi. Dengan tinggi mencapai 328 kaki (100 meter), ini merupakan menara tertinggi di Swiss. Pengunjung bisa merlihat Pegunungan Alpen dengan baik dari atasnya.

Situs penting lainnya di kota Bern adalah sisa-sisa gerbang kota tua. Di atas menara gerbang ada sebuah jam yang dipasang pada tahun 1530. Beberapa figur akan keluar dari lonceng setiap satu jam. Gedung-gedung pemerintah utama Bern, Gedung Parlemen, dibangun pada tahun 1902. Di dalam bangunan ini ada gambar-gambar dan patung-patung yang menggambarkan peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Swiss.

Banyak orang dalam kota bekerja untuk pemerintah atau Universitas Bern. Pariwisata juga penting untuk perekonomian kota. Banyak pabrik di Bern membuat susu coklat, susu kental, mesin, dan instrumen ilmiah.

Bern dimulai pada tahun 1191 sebagai pos militer. Tempat ini tumbuh menjadi sebuah kota dan kemudian menjadi wilayah merdeka. Bern menjadi bagian dari Swiss pada tahun 1353. Dari tahun 1300-an sampai 1700-an, Bern sangat kuat. Namun, kekuatan ini berakhir ketika Perancis menyerbu kota pada tahun 1798. Kekuasaan Perancis berakhir pada tahun 1803. Bern menjadi ibukota Swiss pada tahun 1848. Pada tahun 1983, UNESCO menjadikan Bern sebagai situs Warisan Dunia karena banyaknya bangunan bersejarah di sana. Kota ini terus berkembang pada abad ke-21.

Komentar Anda