Perawatan Anjing Siberian Husky yang Benar (Step by Step)

Siberian husky adalah jenis anjing yang cerdas, berenergi tinggi, dan disukai banyak orang karena temperamennya yang ramah. Anjing ini dikenal sebagai anjing luncur (sled dogs), tetapi kemampuan beradaptasi mereka membuat mereka bisa dijadikan anjing terapi dan hewan peliharaan keluarga. Siberian husky termasuk sebagai salah satu anjing terkenal yang paling banyak dipelihara orang.

Gambar anak anjing Siberian husky

Siberian husky relatif mudah dipelihara, tetapi bulu gandanya yang tebal membutuhkan penyikatan yang teratur, terutama selama masa perontokan bulu yang terjadi satu atau dua kali setahun. Peranakan ini juga membutuhkan olahraga harian untuk menjaga energi mereka tetap terkendali. Jika Anda bisa memenuhi kebutuhan jenis anjing aktif ini, husky akan menjadi teman yang sangat baik.

Berikut tata cara merawat anjing Siberian husky.

Persiapan

Langkah 1

Persiapkan area tempat tidur untuk Siberian husky Anda. Dia harus memiliki tempat tidur, tempat minum, dan mangkuk makanannya sendiri. Jika Anda memilih untuk menaruh husky dalam kandangnya, taruhlah tempat tidur di dalam sana.

Langkah 2

Kenalkan Siberian husky Anda ke area tempat tidurnya saat Anda membawanya pulang. Jika dia terlihat bingung dengan lingkungan barunya, letakkan dia di dalam kandang selama beberapa jam, lalu buka pintu dan biarkan dia keluar saat dia sudah merasa nyaman.

Langkah 3

Berikan Siberian husky Anda banyak mainan anjing agar dia tidak mengunyah benda lain. Jika Anda melihat husky mengunyah sesuatu yang tidak Anda inginkan, ambil benda itu dan katakan padanya, “Tidak boleh!” dan ganti benda itu dengan salah satu mainan anjing Anda agar dia mengetahui benda apa yang boleh dan tidak boleh dijadikan mainan.

Pelatihan dan olahraga

Gambar Siberian husky

Langkah 1

Merawat anjing Siberian husky yang benar juga memerlukan pelatihan dan olahraga. Jika Anda tak bisa melatih sendiri, daftarkan anjing Siberian husky Anda ke tempat khusus untuk pelatihan anjing. Semakin muda husky saat didaftarkan, semakin besar kemungkinan dia jadi anjing yang patuh. Husky dengan energi tingginya bisa sulit dikendalikan tanpa pelatihan yang tepat.

Langkah 2

Atur jadwal rutin untuk membawa Siberian husky Anda ke luar. Jika Anda melatih seekor anak husky untuk buang kotoran, bawalah anak anjing itu ke luar rumah setelah makan dan tidur siang dan jangan kembali sampai dia buang kotoran. Pujilah anak anjing Anda dan beri dia hadiah untuk mengajarinya bahwa buang kotoran di luar rumah adalah perilaku yang baik.

Langkah 3

Ajak Siberian husky Anda berjalan-jalan selama 30 menit setidaknya sekali dalam sehari untuk membantu mengurangi energi berlebih mereka. Jika Anda memelihara anak husky, berjalan-jalan di sekitar halaman sudah cukup untuk awalnya, tetapi Anda harus pindah ke taman dan jalan setapak atau trotoar di dekat rumah bila dia sudah semakin besar.

Langkah 4

Berikan Siberian husky Anda banyak waktu untuk berlari dan bermain di luar. Jika Anda memiliki halaman berpagar, Anda tidak perlu mengawasinya sepanjang waktu. Jika Anda tidak memiliki pagar, pertimbangkan untuk membangun dog run (kandang besar tempat anjing bermain) yang tertutup. Anjing tidak boleh berlarian di halaman tanpa pagar atau pembatas lainnya.

Makanan dan Kesehatan

Langkah 1

Beri makanan anjing kering berkualitas tinggi pada Siberian husky Anda. Jika Anda memelihara anak husky, pilihlah makanan yang diformulasikan khusus untuk anak anjing. Mintalah saran pada dokter hewan tentang takaran makanan anjing Anda; jumlah yang diberikan oleh produsen makanan anjing mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan individu setiap anjing peliharaan Anda. Pada usia satu tahun, atau ketika dokter hewan Anda merekomendasikannya, husky Anda dapat mulai memakan makanan anjing dewasa.

Langkah 2

Jaga agar mangkuk minuman Siberian husky selalu penuh dan ganti air setidaknya sekali sehari. Peranakan besar seperti husky mengkonsumsi lebih banyak air daripada jenis anjing kecil.

Langkah 3

Bawa Siberian husky ke dokter hewan secara rutin untuk pemeriksaan dan vaksinasi. Dokter hewan akan memberi jadwal vaksinasi dan akan memberi tahu Anda seberapa sering dia ingin Anda membawa anjing Anda. Husky adalah jenis yang kuat, tetapi pemilik harus waspada terhadap masalah mata atau pinggul.

Langkah 4

Sering periksa telinga anjing Anda untuk melihat adanya tanda-tanda infeksi. Jika telinga anjing mengeluarkan kotoran berlebih atau berbau busuk, bawa dia ke dokter hewan untuk dirawat.

Perawatan

Gambar lucu Siberian husky

Langkah 1

Sikat bulu Siberian husky Anda seminggu sekali menggunakan sisir bergigi lebar atau sikat bulu besar. Sisir jenis ini sangat ideal untuk menyisir bulu ganda tebal husky. Menyikat setiap minggu akan membantu mengurangi kotoran dan menjaga bulu anjing Anda tetap sehat.

Langkah 2

Mandikanlah Siberian husky Anda hanya seperlunya saja. Mandi terlalu sering bisa mengiritasi kulitnya. Anda mungkin membutuhkan penyemprot genggam agar air bisa menembus bulu tebalnya, dan sarung tangan mandi akan membantu Anda menerapkan sampo ke dalam bulu tebalnya. Gunakan sampo yang diformulasikan khusus untuk anjing.

Langkah 3

Bersihkan telinga Siberian husky Anda seminggu sekali menggunakan larutan pembersih telinga anjing. Masukkan larutan ke saluran telinga dan pijat telinga dengan tangan Anda untuk menyebarkan cairan. Bersihkan kotoran dan cairan berlebih dengan bola kapas bersih. Jangan pernah memasukkan apa pun ke dalam saluran telinga anjing Anda.

Langkah 4

Periksa kuku anjing Anda secara berkala dan potong jika perlu. Prosedur ini sebaiknya diserahkan kepada perawat profesional atau dokter hewan kecuali Anda telah dilatih cara melakukannya dengan benar. Memotong kuku dengan cara yang salah dapat menyebabkan pendarahan dan rasa sakit.

Demikianlah panduan lengkap merawat anjing Siberian husky. Semoga bermanfaat!

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.