Moonlight Drawn by Clouds Sukses di Luar Dugaan

Drama Korea Moonlight Drawn by Clouds (Love in the Moonlight) meraih kesuksesan besar yang tak terduga bagi para staf produksi, aktor, dan produser. Dalam produksi sebuah drama, seseorang tidak dapat memprediksi apakah drama tersebut akan berhasil atau gagal. Sebuah cerita atau plot mungkin saja mendapatkan perhatian dari pemirsa dan mungkin saja tidak. Dan kesuksesan drama kolosal Moonlight Drawn by Clouds sedikit banyak disebabkan temanya yang cukup berbeda dengan drama-drama populer lainnya, misalnya Descendants of the Sun.

Moonlight Drawn by Clouds

Dibandingkan dengan Descendants of the Sun, Moonlight Drawn by Clouds tidak difilmkan di awal. Oleh karena itu, strategi yang digunakan adalah merebut sebanyak mungkin loyalitas pemirsa di dalam negeri dan mencuri perhatian di luar negeri melalui siaran simultan di berbagai negara Asia, seperti China, Jepang, Taiwan, Hong Kong, dan beberapa negara Asia Tenggara, di samping juga disiarkan secara streaming di Viki dan Hulu.

Drama KBS ini mengusung aktor ‘kelas menengah’ sebagai pemeran utama. Park Bo-gum, yang mendapatkan popularitas lewat perannya di Reply 1988, kali ini bermain sebagai Putra Mahkota Lee Yeong, yang jatuh cinta pada seorang gadis yang menyamar sebagai kasim di pengadilan istana. Gadis itu bernama Sam-nom yang dimainkan oleh aktris berusia 17 tahun, Kim Yoo-jung, yang mendapatkan pujian atas kemampuan aktingnya yang menjanjikan. Yoo-jung juga mendapat banyak penilaian positif dari komentar-komentar netizen.

Sementara itu, Park Bo-gum yang baru berusia 23 tahun mendapatkan perhatian besar karena dialog-dialognya yang romantis dan menyentuh hati ditambah penampilannya yang tampan dan lugu. Ia pun sukses mencuri hati banyak wanita, baik tua maupun muda.

“Kami tidak mengira drama ini akan menciptakan sindrom. Ada tingkat korelasi tinggi antara aktor dan karakter, dan saya pikir itu mungkin terjadi karena Park Bo-gum mampu mengekspresikan karakter barunya dengan sangat baik, alih-alih mereproduksi imejnya sebelumnya,” kata Jung Sung-hyo, kepala departemen drama KBS TV.

Dalam hal rating, Moonlight Drawn by Clouds telah mengumpulkan 20 persen di episode terbarunya. Ini memang masih jauh dari level 40 persen yang dicapai oleh SongSong Couple dkk dalam Descendants of the Sun. Namun, menurut sumber dalam industri, peningkatan 2 persen yang mengesankan dari episode sebelumnya telah memukul drama pesaingnya, Beautiful Mind.

Lebih jauh lagi, ketenaran Moonlight Drawn by Clouds menjadi kabar baik bagi seluruh industri penyiaran. Di akhir serial ini, pendapatan iklan yang akan diraup KBS diperkirakan mencapai hampir 7,3 miliar won. Jika demikian, akankah KBS tertarik untuk membuatkan season dua nanti? Kita tunggu saja.

Komentar Anda