Nama Pemain dan Fakta Film Gladiator (2000)

Gladiator adalah film epos drama sejarah garapan Ridley Scott yang sangat sukses, baik secara kritis maupun komersial. Kisahnya berpusat pada Jenderal Romawi Maximus Decimus Meridius yang loyal dan dicintai rakyat serta kaisar Marcus Aurelius. Sebelum meninggal, Kaisar menunjuk Maximus menjadi penggantinya ketimbang putranya sendiri, Commodus. Commodus pun membunuh seluruh keluarga Maximus dan ia dipaksa mengikuti permainan Gladiator sampai mati. Maximus kini mencari cara bagaimana ia bisa bangkit dan membalas dendam kesumatnya pada Commodus. Apa rencana besar yang sedang dipersiapkan Maximus?

Gladiator

Nama para pemeran utama Gladiator:

Russell Crowe, pemeran karakter Maximus Decimus Meridius

Joaquin Phoenix, pemeran karakter Commodus

Connie Nielsen, pemeran karakter Lucilla

Oliver Reed, pemeran karakter Antonius Proximo

Derek Jacobi, pemeran karakter Senator Gracchus

Djimon Hounsou, pemeran karakter Juba

Richard Harris, pemeran karakter Marcus Aurelius

Beberapa fakta tentang Gladiator:

~ Aktor utama Oliver Reed meninggal dunia karena serangan jantung tiga minggu ketika syuting tengah berjalan. Karena itulah perusahaan produksi The Mill menggunakan CGI untuk menghadirkan ulang karakter Proximo, dengan biaya tambahan sebesar 3,2 juta dolar AS untuk rekaman tambahan sepanjang dua menit.

~ The Mill juga merekayasa jumlah aktor. Sebanyak 2.000 aktor asli ‘digandakan’ dengan komputer menjadi 35.000 aktor virtual yang tampak meyakinkan dan bereaksi pada adegan-adegan pertempuran.

~ Selama melakukan adegan-adegan gladiator, Russell Crowe mematahkan tulang di kaki dan pinggulnya serta melukai kedua tendon bisepnya.

~ Lima ekor harimau dibawa untuk adegan di arena di mana Maximus bertarung dengan Tigris dari Gaul. Seorang dokter hewan yang dipersenjatai dengan panah berisi obat penenang bersiaga di sepanjang syuting. Demi keamanan, Russell Crowe harus berdiri setidaknya 15 kaki dari harimau-harimau itu.

~ Total Gladiator mendapatkan 48 penghargaan dari 119 nominasi, termasuk lima piala Oscar, empat BAFTA, dan dua Golden Globe. Gladiator menjadi Film Terbaik dan Russel Crowe menjadi Aktor Terbaik di ajang Academy Awards.

Komentar Anda