Nama Pemain dan Fakta Film Kiss Kiss Bang Bang (2005)

Kiss Kiss Bang Bang adalah film kriminal black comedy neo-noir yang ditulis dan disutradarai oleh Shane Black. Kisahnya, seorang pencuri kecil-kecilan bernama Harry Lockhart menjadi buronan polisi setelah melakukan sebuah perampokan yang gagal. Di Los Angeles, Harry secara tak sengaja justru membuat produser film terkesan dan mengaudisinya untuk sebuah film. Harry bertemu dengan investigator privat Perry van Shrike yang akan mengajarinya tentang perannya serta aktris Harmony Faith Lane yang ternyata adalah teman lamanya yang pernah ia sukai. Semua terlihat lancar sampai suatu ketika Harry dan Perry menyaksikan sebuah kasus pembunuhan yang rumit.

Kiss Kiss Bang Bang

Nama para pemeran utama Kiss Kiss Bang Bang:

Robert Downey, Jr., pemeran karakter Harry Lockhart

Val Kilmer, pemeran karakter “Gay” Perry van Shrike

Michelle Monaghan, pemeran karakter Harmony Faith Lane

Corbin Bernsen, pemeran karakter Harlan Dexter

Beberapa fakta tentang Kiss Kiss Bang Bang:

~ Sebagai bentuk dukungan bagi Robert Downey, Jr. yang saat itu sedang memulihkan diri dari kecanduan alkohol dan obat-obatan, Val Kilmer menolak untuk minum di sepanjang produksi film.

~ Val Kilmer pertama kali bertemu Robert Downey Jr. dalam sebuah pesta di Hollywood. Seminggu kemudian Kilmer diberi skenario film ini dan langsung mengiyakan meski ia belum selesai membacanya. Kilmer semakin senang ketika Downey juga sudah dikasting menjadi lawan mainnya.

~ Ditayangkan perdana di Festival Film Cannes 2005, film ini mendapat standing ovation dari para penonton.

~ Perry van Shrike yang diperankan Val Kilmer dianggap sebagai karakter gay terbuka pertama di film laga Hollywood.

~ Produser Joel Silver menceritakan bahwa Kiss Kiss Bang Bang awalnya hanya diberi kucuran dana 10 juta dolar AS oleh Warner Bros. yang saat itu tak yakin dengan premis film ini. Ketika produksi sudah berjalan, WB mengucurkan dana tambahan 5 juta dolar AS, sehingga budget finalnya menjadi 15 juta dolar AS. Saat screening, WB ternyata sangat menyukai film ini dan segera melakukan premier di Festival Film Cannes.

Komentar Anda