Nama Pemain dan Fakta Film Pearl Harbor (2001)

Pearl Harbor adalah film perang romantis historis yang disutradarai oleh Michael Bay. Diangkat dari kejadian nyata dalam Perang Dunia II ketika Jepang menyerang pangkalan militer AS di Pearl Harbor, tokoh sentral dalam film ini adalah Rafe dan Danny, dua sahabat sedari kecil yang kini sama-sama menjadi tentara. Di antara mereka hadir seorang suster bernama Evelyn yang membuat Rafe jatuh cinta. Dalam suatu kejadian, Rafe ditembak dan diperkirakan telah mati. Danny pun menjadi dekat dengan Evelyn, dan ketika Rafe yang masih selamat kembali, ia merasa marah dan dikhianati oleh Danny. Di tengah perseteruan mereka, Jepang melakukan pengeboman di Pearl Harbor yang terkenal itu. Bagaimana kelanjutan hubungan cinta segitiga ini di tengah peperangan?

Pearl Harbor

Nama para pemeran utama Pearl Harbor:

Ben Affleck, pemeran karakter Letnan Satu Rafe McCawley

Josh Hartnett, pemeran karakter Letnan Satu Daniel “Danny” Walker

Kate Beckinsale, pemeran karakter Letnan Evelyn Johnson

Cuba Gooding, Jr. , pemeran karakter Dorie Miller

Tom Sizemore, pemeran karakter Earl

Jon Voight, pemeran karakter Presiden Franklin D. Roosevelt

Colm Feore, pemeran karakter Laksamana Husband E. Kimmel

Alec Baldwin, pemeran karakter Mayor Jimmy Doolittle

Beberapa fakta tentang Pearl Harbor:

~ Para jurnalis Jepang sangat terhina dengan fakta bahwa para tentara digambarkan melakukan pertemuan di luar. Pertemuan di luar dianggap biadab dan barbar di Jepang.

~ Adegan yang menunjukkan pesawat Jepang menyerang rumah sakit memicu kegemparan baik di Jepang maupun di kalangan veteran Pearl Harbor. Alasannya adalah karena hal itu tidak pernah terjadi. Pilot Jepang berada di bawah perintah tegas untuk tidak menyerang sasaran sipil. Dan mereka yang selamat mengatakan bahwa meski mereka berada dalam area serangan, Jepang tidak pernah menyerang rumah sakit itu. Penambahan adegan ini, menurut sutradara, dilakukan untuk membuat serangan tampak lebih brutal.

~ Film ini meraih penghargaan Guinness Book of World Records sebagai film yang paling banyak menggunakan peledak.

~ Meski secara umum mendapat tanggapan miring dari para pengamat film, Pearl Harbor berjaya di box office dengan mengumpulkan pendapatan 449 juta dolar AS dari budget 140 juta dolar AS.

~ Pearl Harbor mendapat empat nominasi Oscar dan berhasil menang di kategori Penyuntingan Suara Terbaik. Ironisnya, film ini juga mendapat enam nominasi Golden Raspberry Awards, termasuk sebagai Film Terburuk.

Komentar Anda