Nama Pemain dan Fakta Film Saving Private Ryan (1998)

Saving Private Ryan adalah sebuah film drama perang yang digarap oleh Steven Spielberg. Kisahnya, pada tanggal 6 Juni 1944 ketika Invasi Normandy dimulai, pasukan AS melakukan serangan besar-besaran untuk mendarat di pantai Omaha. Meski mendapat perlawanan hebat dari Jerman, pasukan AS di bawah pimpinan Kapten John H. Miller berhasil bertahan dan meneruskan serangan. Sementara di Washington, D.C, Jenderal George Marshall mendapat informasi bahwa tiga dari empat bersaudara dari keluarga Ryan tewas saat bertugas, suatu kabar yang akan membuat shock ibu mereka. Namun belakangan diketahui bahwa putra keempat mereka, James Francis Ryan, diperkirakan masih hidup. Marshall pun kemudian memerintahkan Miller untuk mencari Ryan segera dan mengirimnya pulang ke rumah.

saving-private-ryan

Nama para pemeran utama Saving Private Ryan:

Tom Hanks, pemeran karakter John H. Miller

Edward Burns, pemeran karakter Richard Reiben

Matt Damon, pemeran karakter James Francis Ryan

Tom Sizemore, pemeran karakter Mike Horvath

Beberapa fakta tentang Saving Private Ryan:

~ Saving Private Ryan mendapat pengakuan universal dan memenangkan banyak penghargaan, termasuk untuk para pemain dan kru. Lima piala Oscar, termasuk kategori Sutradara Terbaik, berhasil dimenangkan. Film ini bahkan dipilih Library of Congress untuk dilestarikan di National Film Registry.

~ Tom Sizemore sebenarnya sedang berjuang melawan kecanduan narkoba saat syuting film ini. Steven Spielberg memberi ultimatum bahwa Sizemore harus dites darah setiap hari dan jika terbukti masih memakai obat-obatan, ia tanpa ragu akan dipecat dan diganti pemain lain.

~ Steven Spielberg mengkasting Matt Damon karena ia ingin memasang aktor yang kurang dikenal namun punya wajah sangat Amerika. Spielberg tak tahu bahwa Damon kemudian memenangkan Oscar berkat film Good Will Hunting dan mendadak jadi bintang terkenal bahkan sebelum film ini dirilis.

~ Mel Gibson dan Harrison Ford sempat dipertimbangkan untuk memerakan Kapten John Miller sebelum Steven Spielberg memilih sendiri Tom Hanks.

~ Semua aktor utama, kecuali Matt Damon, menjalani pelatihan militer yang melelahkan selama beberapa hari. Damon sengaja dibebaskan dari latihan berat agar aktor-aktor lain merasa sebal padanya dan akan menujukkan rasa sebal itu dalam akting mereka.

Komentar Anda