Nama Pemain dan Fakta Film Zero Dark Thirty (2012)

Zero Dark Thirty adalah film thriller-laga politik yang diarahkan oleh sutradara Kathryn Bigelow. Film ini mendramatisasi perburuan teroris internasional, pemimpin al Qaeda Osama bin Laden, yang bertanggungjawab atas serangan 11 September. Usaha perburuan yang menyita banyak sumber daya dan perhatian ini mulai menemui titik terang setelah seorang petugas muda CIA, Maya, menemukan lokasi persembunyian bin Laden. Tak ayal, pasukan Amerika Serikat pun melakukan serangan brutal di Abbottabad, Pakistan, untuk membunuh bin Laden.

Zero Dark Thirty

Nama para pemeran utama Zero Dark Thirty:

Jessica Chastain, pemeran karakter analis intelijen CIA Maya

Jason Clarke, pemeran karakter Dan, petugas intelijen CIA

Joel Edgerton, pemeran karakter Patrick, pemimpin tim DEVGRU

Jennifer Ehle, pemeran karakter Jessica, analis CIA senior

Mark Strong, pemeran karakter George, supervisor CIA senior

Kyle Chandler, pemeran karakter Joseph Bradley, kepala markas CIA Islamabad

Édgar Ramírez, pemeran karakter Larry, petugas CIA

James Gandolfini, pemeran karakter Direktur CIA

Beberapa fakta tentang Zero Dark Thirty:

~ Film ini awalnya dikisahkan sebagai upaya perburuan panjang Osama bin Laden yang gagal. Namun skenario ditulis ulang setelah Osama benar-benar terbunuh. Penulis skenario Mark Boal mengubah naskah selama lima bulan dan ia tidak diberi upah tambahan.

~ Zero Dark Thirty mendapat nominasi Oscar di lima kategori, termasuk Film Terbaik dan Aktris Terbaik (untuk Jessica Chastain). Namun hanya satu yang dimenangkan, yaitu Penyuntingan Suara Terbaik. Di box office, film ini memperoleh pendapatan 132,8 juta dolar AS dari budget 40 juta dolar AS.

~ Agensi Jessica Chastain awalnya menolak peran sebagai Maya. Produser Megan Ellison, yang pernah bekerjasama dengan Chastain di film Lawless, memberikan nomor pribadi Chastain pada sutradara Kathryn Bigelow agar mereka bisa mendiskusikan tawaran ini secara personal. Chastain akhirnya menerima.

~ Di film, karakter direktur CIA tampak senang ketika Maya mengucapkan sumpah serapah saat briefing resmi CIA. Di kehidupan nyata, mantan direktur CIA Leon Panetta terkenal suka menyumpah serapah.

~ James Cameron, mantan suami sutradara Kathryn Bigelow, sempat diajak bernegosiasi untuk menyutradarai film ini, sebelum kemudian ia mundur untuk menggarap Avatar 2 yang akan dirilis pada 2018.

Komentar Anda