Nama Pemain dan Fakta Unik Film Swordfish (2001)

Swordfish adalah film thriller laga kriminal garapan sutradara Dominic Sena. Film ini berkisar pada sosok Stanley Jobson, seorang mantan penipu dan hacker komputer yang direkrut oleh unit anti-teroris Black Cell pimpinan Gabriel Shear. Gabriel ingin mengakses semua informasi dan dana rahasia pemerintah yang terkunci dalam sistem komputer super rumit, dan Stanley adalah orang yang diandalkan untuk membobol sistem tersebut. Meski diperkuat para bintang beken, keuntungan Swordfish di box office tak terlalu besar dan film ini juga mendapat banyak kritikan dari para pengamat film.

Swordfish

Nama para pemeran utama Swordfish:

John Travolta, pemeran karakter Gabriel Shear

Hugh Jackman, pemeran karakter Stanley Jobson

Halle Berry, pemeran karakter Ginger Knowles

Don Cheadle, pemeran karakter Agen J.T. Roberts

Vinnie Jones, pemeran karakter Marco

Beberapa fakta tentang Swordfish:

~ John Travolta sudah menolak peran Gabriel sebanyak enam kali. Ia berubah pikiran setelah sutradara Dominic Sena mengambil alih film ini.

~ Adegan pembuka Swordfish merupakan hasil efek visual paling rumit dalam sejarah Warner Brothers. Adegan itu disyuting dengan efek seperti The Matrix (1999) oleh Frantic Films. Efek ini begitu canggih hingga produser dan sutradara bingung membedakan mana yang asli dan mana yang diciptakan komputer.

~ Swordfish mengusung budget 102 juta dolar AS dan membukukan keuntungan ‘hanya’ 147 juta dolar AS.

~ Para aktor sebenarnya berakting di depan layar komputer kosong; grafik ditambahkan belakangan oleh kru.

~ Film ini ditarik dari bioskop tak lama setelah serangan teroris di New York City dan Washington D.C. pada 11 September 2001 karena ada adegan di film yang melibatkan peledakan sebuah bangunan.

Komentar Anda