Penjelasan Sederhana Tentang Efek Rumah Kaca

Loading...

Kita mungkin pernah mendengar istilah efek rumah kaca dan global warming. Peningkatan efek rumah kaca memang berbahaya bagi kehidupan, tapi tanpa efek rumah kaca, kehidupan juga mustahil bisa terjadi. Lalu sebenarnya, apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca? Berikut penjelasan sederhananya.

Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca adalah pemanasan permukaan bumi dan udara di atasnya. Hal ini disebabkan oleh gas-gas di udara yang memerangkap energi dari matahari. Gas yang memerangkap panas ini disebut gas rumah kaca. Gas-gas rumah kaca yang paling umum adalah uap air, karbon dioksida, dan metana. Tanpa efek rumah kaca, bumi akan menjadi terlalu dingin untuk mendukung kehidupan.

Tanah, lautan, dan tanaman menyerap energi dari sinar matahari. Mereka melepaskan sebagian energi ini sebagai panas. Gas-gas rumah kaca menyerap panas dan kemudian mengirimkannya kembali ke bumi. Tanpa gas rumah kaca, panas ini akan melarikan diri kembali ke angkasa.

Para ilmuwan percaya bahwa aktivitas manusia meningkatkan efek rumah kaca. Ketika orang mengendarai mobil atau mengoperasikan pabrik, mereka membakar batu bara, minyak, dan bahan bakar fosil lainnya. Hal ini menambah jumlah gas rumah kaca di udara, dan gas-gas itu akan memerangkap lebih banyak panas. Banyak ilmuwan berpikir bahwa hal ini telah menyebabkan pemanasan global, atau kenaikan suhu rata-rata permukaan bumi.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.