17 Plot atau Jalan Cerita Drama Korea Paling Umum dan Klise

Suka nonton K-Drama? Pasti kalian nggak asing dengan plot-plot yang akan kami sebutkan di bawah ini. Memang satu drama jalan ceritanya pasti berbeda dengan drama yang lain, tapi tak bisa dipungkiri bahwa terkadang ide utama kedua drama itu pasti sama. Storyline, setting, kasting, dan sinematografi berperan besar dalam memberikan perbedaan di antara dua atau tiga drama yang tema utamanya sama.

Drama Korea

Yuk intip 17 plot paling umum dan sering dipakai di drama Korea.

1. Pria dan wanita saling jatuh cinta, tetapi harus jadian dengan orang lain atau menyerah karena beberapa alasan, yaitu:

  • Pertentangan keluarga
  • Kesenjangan sosial-ekonomi
  • Kesenjangan pendidikan
  • Rahasia keluarga yang tersembunyi
  • Perjodohan
  • Perseteruan keluarga, dan lainnya

Ketika mereka akhirnya bisa bersama, maka mereka akan menyadari bahwa salah satu dari mereka:

  • Mengidap penyakit terminal / mematikan
  • Amnesia, alzheimer, demensia
  • Cacat
  • Kehilangan karier
  • Kehilangan keberuntungan
  • Bernasib buruk, atau
  • Terjebak dalam kesalahpahaman panjang nan rumit.

2. Gadis malang dengan kepribadian positif dan pekerja keras, hidup serba terbatas dan kekurangan, lalu bertemu seorang pria kaya raya (chaebol, CEO, dll), dan hubungan mereka mendapat penolakan dari berbagai pihak.

3. Perjalanan lintas waktu ke masa lalu atau masa depan yang bisa mengubah takdir tokoh utama. Reinkarnasi juga masuk dalam tema ini.

4. Tertukar pada saat lahir, identitas yang dicuri, tubuh yang bertukar secara ajaib, makeover total.

5. Kepribadian ganda, vampir, manusia serigala dengan plot yang disebutkan dalam poin 1, 2, 3, dan 4.

6. Kisah fantasi, dongeng peri laki-laki atau perempuan, makhluk mistis, hantu dalam plot yang disebutkan di poin 1, 2, 3, dan 4 dengan tokoh non-manusia yang rela mengorbankan dirinya sendiri untuk menyelamatkan tokoh manusia.

7. Polisi / detektif pria atau wanita yang keras kepala dalam plot di poin 1, 2, 4, dan 6 yang berupaya mengusut kasus kejahatan misterius atau fantasi, termasuk kisah tentang pengacara, jaksa, dan hakim.

8. Wanita menyamar sebagai pria untuk menyembunyikan fakta bahwa dia adalah wanita, lalu dia benar-benar diperlakukan sebagai seorang pria. Dia kemudian bergaul dengan sekelompok teman pria sebagai salah satu pria dan jatuh cinta pada tokoh pria utama. Biasanya cinta segitiga juga terjadi.

9. Identitas yang keliru untuk plot roman atau seorang ibu yang disalahartikan sebagai seorang gadis yang lebih muda, atau pemuda yang disalahartikan sebagai pria yang lebih tua.

10. Pertemuan kembali sepasang pria dan wanita yang pernah memiliki cerita bersama di masa lalu.

Drakor

11. Cerita perguruan tinggi atau SMA dengan semua plot yang disebutkan di atas.

12. Plot mata-mata dengan identitas tersembunyi dalam beberapa plot yang disebutkan di semua poin di atas kecuali nomor 9 dan 11.

13. Cerita keluarga dengan orang tua, kakek-nenek, orang tua tiri, kakek-nenek tiri yang lebih menganakemaskan salah satu anak (atau anak kembar) di atas yang lain dalam beberapa plot yang disebutkan di nomor 1-8 dan 10.

14. Perselingkuhan yang dilakukan pasangan yang sudah menikah, lalu menyadari bahwa pasangan mereka sebelumnya adalah yang terbaik dengan plot di nomor 1-8 dan 10 dan 13.

15. Pria dan wanita lajang dalam plot berbeda yang menunjukkan tren kontemporer tentang asmara dan kehidupan kota, atau kehidupan lajang yang kesepian.

16. Pria miskin yang jatuh cinta pada wanita kaya raya dan mendapat penolakan seperti poin nomor satu. Atau hubungan antara pria muda dengan wanita yang lebih tua darinya.

17. Tokoh utama pria atau wanita yang berjuang dari bawah, melewati bermacam kesulitan, hingga berhasil mendapatkan kekayaan dan kesuksesan.

Sebenarnya sih masih banyak lagi pengembangan plot-plot di atas, tapi kapan-kapan aja kita bahas. Kamu paling suka plot yang mana nih?

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.