Rilis Pokemon Go Indonesia Temui Banyak Tentangan

Peluncuran Pokemon Go Indonesia membuat para penggemar sangat bersemangat karena game Android ini sudah berada di Asia Tenggara. Sebenarnya, Pokemon Go sudah ada di Indonesia dalam bentuk apk yang diunduh pengguna dari website-website game. Tapi tidak semua orang senang dengan kedatangan resmi game populer ini. Seiring dengan berita perilisan ini, sejumlah orang telah menyuarakan keprihatinan mereka terhadap Pokemon Go Indonesia, terutama menyangkut soal keamanan dan agama.

Pokemon Go Indonesia

Pihak keamanan menyebut bahwa permainan ini telah menimbulkan kekhawatiran di tempat lain terkait privasi dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Markas besar Angkatan Darat Indonesia di Jakarta telah mengeluarkan peringatan keras kepada prajurit sehubungan dengan Pokemon Go. Pertama, tidak ada prajurit yang boleh bermain game ini saat aktif bertugas karena ini merupakan gangguan yang jelas. Kedua, yang lebih penting, prajurit harus tetap waspada karena aplikasi ini dapat mengganggu keamanan personil dan fasilitas militer.

Di sisi lain, sejumlah ulama telah menentang kehadiran Pokemon Go Indonesia. Dalam sebuah wawancara dengan Reuters, pejabat senior Amidhan Shaberah mengatakan bahwa game ini mendatangkan “lebih banyak mudharat ketimbang manfaat” karena dapat membuat orang ‘mabuk’, terutama terkait pekerjaan atau studi mereka. Hal ini tidaklah mengejutkan mengingat pada tahun 2001 Arab Saudi mengeluarkan fatwa melarang franchise Pokemon. Jika sudah begini, apakah popularitas Pokemon Go di Indonesia akan meredup atau justru makin booming? Kita lihat saja.

Komentar Anda