Sekilas Tentang Ular Boomslang yang Mematikan

Boomslang adalah jenis ular besar yang berbisa. Boomslang hidup di seluruh wilayah selatan gurun Sahara di Afrika. Nama boomslang berasal dari kata dalam bahasa Afrika yang berarti “ular pohon”. Spesies satu ini termasuk ke dalam famili Colubridae. Ular boomslang memiliki nama ilmiah Dispholidus typus.

Ular boomslang

Boomslang biasanya memiliki panjang sekitar 4 kaki (1,2 meter). Warna mereka bervariasi dari hijau ke hitam atau merah. Sisiknya memiliki tepian gelap. Boomslang memiliki mata yang sangat besar dan penglihatan yang sangat baik.

Taring besar mereka berada di belakang mulut, tetapi mereka dapat membuka rahang mereka lebar-lebar. Yang mengerikan, racun ular boomslang bisa mencegah darah mangsanya agar tak membeku. Oleh karena itu, gigitan dari ular boomslang dapat menyebabkan hewan mangsa mengalami pendarahan sampai mati.

Boomslang biasanya memakan vertebrata kecil, seperti bunglon, burung, dan kadal. Ular satu ini hidup terutama di pohon, tetapi mereka akan turun ke tanah untuk makan. Boomslang aktif di siang hari, namun mereka jarang melihat karena warna dan pola kulitnya yang sangat baik untuk berkamuflase. Jika terganggu, ular boomslang bisa menggigit manusia. Untungnya, hal itu jarang terjadi karena ular biasanya mencoba untuk menghindari bahaya ketimbang menghadapinya.

Komentar Anda