Terima Hadiah Nobel Sastra, Bob Dylan Jadi Speechless

Bob Dylan akhirnya mendapatkan Hadiah Nobel Sastra 2016. Swedish Academy mengatakan bahwa penghargaan bergengsi ini telah membuat sang musisi legendaris “tak bisa berkata-kata.” Sekretaris tetap akademi, Sara Danius, mengatakan bahwa Dylan sendiri yang menghubungi mereka dan mengatakan “tentu saja” ia akan menerima hadiah tersebut. Danius mengatakan kepada kantor berita Swedia TT bahwa Dylan menelepon mereka Selasa malam dan berbicara selama sekitar 15 menit.

bob-dylan

“Kabar tentang Hadiah Nobel ini membuat saya tak bisa berkata-kata,” kata Dylan pada Danius, menurut sebuah pernyataan yang ditulis di website resmi akademi Jumat (28/10). “Saya menghargai kehormatan yang begitu besar ini.”

Namun belum ada keputusan apakah Dylan akan menghadiri acara Nobel di Stockholm pada bulan Desember nanti, kata Danius. Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Inggris The Telegraph pada Jumat (28/10), Dylan mengatakan bahwa ia “benar-benar” ingin menghadiri upacara penerimaan hadiah pada 10 Desember “jika hal itu memungkinkan.”

Danius mengatakan akademi akan melakukan “apa saja” untuk mencocokkan jadwal dengan Dylan jika ia ingin datang ke Stockholm, menurut TT.

Penyanyi dan penulis lagu berusia 75 tahun ini dianugerahi hadiah tersebut pada 13 Oktober “karena telah menciptakan ekspresi puitis baru dalam tradisi lagu Amerika yang agung.”

Dylan pada awalnya bungkam setelah mendengar pengumuman tersebut, dan anggota Akademi Swedia menyebut kebungkamannya itu sebagai tindakan “tidak sopan dan sombong.”

Jika musisi sarat penghargaan ini benar-benar akan terbang ke Stockholm untuk menghadiri upacara Nobel tersebut, maka ini bukan menjadi momen pertama Dylan untuk menerima penghargaan dari Raja Swedia Carl XVI Gustaf. Pada tahun 2000 silam, Dylan mendapat penghargaan Polar Music Prize darinya.

Komentar Anda