Tips Berlibur dengan Kereta Ekonomi Jarak Jauh

Berlibur ke tempat baru menggunakan kereta api merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi jika Anda termasuk penggemar traveling. Bepergian ke kota asing dengan kereta akan menjadi pengalaman menarik yang sulit untuk dilupakan.

Selain nyaman, alasan lain mengapa banyak orang menyukai kereta api adalah pemandangan khas Indonesia yang bisa kita nikmati sepanjang perjalanan. Deretan perkampungan, hamparan sawah, gugusan bukit-bukit, dan rimbun pepohonan merupakan bukan lagi hal yang asing bagi penggemar kereta api.

Meskipun kelihatannya seru, berlibur menggunakan kereta ternyata tidak selalu menyenangkan. Perjalanan jarak jauh yang menempuh waktu lama serta pemandangan monoton mungkin akan membosankan bagi sebagian orang. Nah, jika Anda termasuk orang yang mudah bosan, ada beberapa tips menarik saat berlibur menggunakan kereta api.

Mari kita simak ulasannya!

1. Pesan tiket secara online

Traveloka
Pesan tiket secara online – Informasi Aktual

Agar liburan bisa berjalan sesuai rencana, pesanlah tiket kereta api dari jauh-jauh hari. Selain bisa mendapatkan tempat duduk sesuai keinginan, reservasi sebelum musim liburan juga memperbesar kemungkinan untuk mendapat tiket kereta api murah.

Pesan tiket kereta api secara online bisa Anda lakukan melalui situs resmi PT. KAI, atau website traveling seperti Traveloka. Anda pun bisa memesannya di mana dan kapan saja. Jadi, meskipun Anda disibukkan dengan pekerjaan, saat ada waktu luang Anda bisa memesan tiket dengan mudah.

Apalagi saat ini di smartphone juga bisa dipasangi aplikasi Traveloka. Jadi meskipun sedang berada jauh dari PC dan laptop, tetap bisa pesan tiket kereta api di Traveloka, tiket kereta dari PT KAI tersebut telah disediakan secara optimal di aplikasi Traveloka, karena PT KAI dan Traveloka menjalin kerjasama dengan baik untuk mempermudah pelanggan mengakses tiket kereta api.

2. Bawa barang seperlunya

Traveloka2
Bawa barang seperlunya – Senggang

Saat bepergian dengan kendaraan umum seperti kereta api, sebaiknya Anda membawa tas berukuran sedang yang diisi dengan beberapa keperluan liburan secukupnya. Bawalah beberapa pasang pakaian, celana, baju dalam, handuk, dan peralatan mandi.

Pastikan barang yang dibawa benar-benar Anda perlukan saat berlibur. Jangan sampai hanya gara-gara barang bawaan, Anda merasa kewalahan dan tidak bisa bergerak dengan bebas.

3. Gunakan alas kaki yang nyaman

Traveloka3
Gunakan alas kaki yang nyaman – The Luxury Spot

Bepergian dalam waktu yang lama sering kali membuat beberapa bagian tubuh terutama kaki terasa tidak nyaman. Agar liburan terasa menyenangkan, gunakan alas kaki yang nyaman. Sebaiknya gunakan sepatu yang tertutup di bagian depan lengkap dengan kaus kaki.

Selain bisa melindungi dari insiden terinjak, kaus kaki juga akan menjaga tubuh tetap hangat meskipun seharian atau semalaman berada di gerbong kereta api yang ber-AC.

4. Gunakan pakaian yang nyaman

Traveloka4
Gunakan pakaian yang nyaman – Pinterest

Selain kaus kaki, gunakan juga pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca. Jika bepergian saat malam hari, gunakan jaket agar tubuh terasa hangat. Sebaliknya, jika bepergian di siang hari, gunakan pakaian berbahan kain menyejukkan agar tubuh tidak mudah berkeringat. Untuk bawahan, sebaiknya gunakan celana agar ruang gerak lebih leluasa.

5. Bawa bekal secukupnya

Traveloka5
Bawa bekal secukupnya – japan centre

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan dan minuman yang dijual di kereta api cenderung mahal dan tidak terlalu enak. Agar perjalanan terasa menyenangkan tanpa gangguan berupa kelaparan, bawalah bekal makan dan minum dari rumah secukupnya.

Agar lebih praktis, gunakan kertas bungkus untuk menyimpan makanan dan botol plastik sekali pakai untuk menyimpan minuman. Karena setelah selesai makan, kertas dan botol tersebut bisa Anda buang dan beban tas menjadi lebih ringan.

6. Ramah dengan setiap orang

Traveloka6
Ramah dengan setiap orang – GKKD Bogor

Perjalanan jarak jauh yang menempuh waktu panjang biasanya akan membuat seseorang cepat merasa bosan. Apalagi jika bepergian sendiri tanpa teman atau kerabat. Agar liburan menggunakan kereta tidak terlupakan, cobalah untuk ramah pada setiap orang yang Anda lihat di gerbong kereta.

Bahkan kalau perlu, mulailah percakapan ringan dengan mereka.  Tidak menutup kemungkinan, Anda bisa mendapat tips dan trik liburan yang berguna dari para penumpang lainnya.

7. Manfaatkan fasilitas di kereta dengan sebaik-baiknya

Traveloka7
Manfaatkan fasilitas di kereta dengan sebaik-baiknya – Satuharapan.com

Biasanya saat perjalanan jauh,  kita cenderung asyik dengan ponsel untuk menghilangkan rasa bosan. Agar bisa menggunakan gadget dengan lancar, gunakan fasilitas colokan listrik di kereta untuk mengisi baterai smartphone dan kamera.

Jangan lewatkan juga fasilitas berupa bantal dan selimut gratis yang biasanya didapatkan penumpang kereta eksekutif. Meskipun harus menempuh perjalanan jauh, Anda pun tetap bisa tidur pulas untuk mengumpulkan energi.

Jadi, sudah siap berlibur dengan kereta api jarak jauh?

Komentar Anda