10 Fakta Menarik di Balik Film Badlapur (2015)

Badlapur adalah film Bollywood tahun 2015 yang mengusung genre drama kriminal lengkap dengan unsur thriller. Film garapan sutradara Sriram Raghavan ini dibintangi oleh Varun Dhawan dan Nawazuddin Siddiqui serta beberapa nama lain seperti Huma Qureshi, Yami Gautam, Vinay Pathak, Divya Dutta, dan Radhika Apte. Badlapur menceritakan dendam lama yang dipendam seorang pria bernama Raghu yang istri dan anaknya terbunuh dalam sebuah perampokan bank. Ada dua tersangka yang diincar Raghu, dan setelah bertahun-tahun berlalu, apakah dendam Raghu masih menyala?

Badlapur

Berikut sejumlah fakta yang perlu Anda tahu tentang film Badlapur.

1. Badlapur terinspirasi dari novel Italia karya Massimi Carlotto berjudul Death’s Dark Abyss.

2. Judul Badlapur memiliki dua arti: ‘badla’ berarti balas dendam dalam bahasa India, sedangkan ‘badlav’ berarti transformasi, merujuk pada transformasi yang dialami tokoh protagonis dalam film ini. Badlapur juga merupakan nama sebuah stasiun kereta api di Mumbai yang sering dijadikan lokasi kedatangan dan keberangkatan ke Pune, tempat di mana kejadian utama dalam film ini berlangsung.

3. Untuk mempersiapkan perannya dalam film ini, Varun Dhawan sengaja menonton serial-serial TV Amerika seperti Breaking Bad, Dexter, dan Fargo.

4. Box Office India melaporkan bahwa film ini sukses meraup keuntungan sebesar 11 juta dolar AS dari budget yang hanya 3,7 juta dolar AS.

5. Film berdurasi 145 menit ini dinominasikan meraih sejumlah penghargaan dalam ajang Britainia Filmfare Awards ke-61, salah satunya sebagai Film Terbaik.

6. Sutradara Sriram Raghavan meminta Varun Dhawan menonton film-film ‘dark drama’ Hollywood seperti 21 Grams untuk mempersiapkan perannya.

7. Varun Dhawan memerankan karakter berusia 40 tahunan, menjadikan dirinya aktor pertama dari generasinya (1987) yang memainkan peran setua itu.

8. Salah satu alasan kenapa Varun Dhawan ditunjuk memerankan karakter Raghu adalah karena matanya yang terlihat lugu.

9. Lagu “Jeena Jeena” yang dibawakan Atif Aslam menduduki posisi puncak di chart iTunes India, Radio Mirchi, serta Bollywood Planet.

10. Pada Desember 2015, Badlapur berhasil mendapatkan 15 nominasi dalam ajang Stardust Awards, jumlah terbanyak yang diraih satu film di tahun 2015.

Komentar Anda