10 Fakta Menarik Tentang Film Batman (1989)

Batman adalah sebuah film bertema superhero yang dirilis pada tahun 1989. Disutradarai oleh Tim Burton, film ini merupakan film pertama dalam seri film Batman awal, yang terdiri atas Batman, Batman Returns, Batman Forever, dan Batman & Robin. Dua aktor besar dikasting untuk membintangi film ini, yakni Michael Keaton sebagai Bruce Wayne atau Batman dan Jack Nicholson sebagai Jack Napier atau Joker. Film ini menandai usaha awal Batman untuk menghancurkan sosok penjahat psycho, Joker.

Gambar Film Batman 1989

Berikut kami rangkumkan 10 fakta paling unik tentang film Batman.

1. Awalnya, Robin Williams ditawari untuk memerankan Joker pada saat Jack Nicholson ragu-ragu. Williams bahkan sudah menerima peran itu, namun produser berusaha mendekati Nicholson lagi dan mengatakan bahwa Williams akan mengambil peran tersebut jika ia menolak. Nicholson akhirnya setuju memerankan Joker dan hal ini membuat Williams sangat kesal karena ia hanya dijadikan umpan. Williams bahkan tak hanya menolak peran dalam Batman Forever namun juga menolak terlibat dengan segala proyek Warner Bros hingga pihak studio meminta maaf padanya.

2. Selain mendapat gaji, Jack Nicholson juga mendapat bagian dari keuntungan film ini. Saking boomingnya film ini, Nicholson mendapat bagian sampai 60 juta dolar AS. Hingga tahun 2003, Nicholson masih memegang rekor sebagai aktor dengan bayaran terbanyak untuk satu film.

3. Michael Keaton mengaku kesulitan mendengar ketika mengenakan pakaian Batman, Batsuit. Ia juga mengatakan bahwa claustrophobia yang dideritanya sangat membantunya mendapatkan mood yang tepat untuk memerankan karakter Batman.

4. Dikastingnya Keaton untuk memerankan Bruce Wayne atau Batman menuai protes dari para fans komik Batman. Sekitar 50.000 surat protes dilayangkan ke kantor Warner Bros. Penulis naskah Bob Kane dan Sam Hamm serta produser eksekutif Michael Uslan juga mempertanyakan keputusan itu.

5. Nicholson menceritakan bahwa tarian aneh yang ia lakukan ketika keluar dari apartemen Vicki Vale disebut sebagai “tarian burung,” yang ia improvisasi sendiri ketika take adegan berlangsung.

6. Batmobile alias kendaraan Batman yang digunakan dalam film ini dibangun menggunakan kerangka mobil Chevy Impala.

7. Dibutuhkan waktu dua jam untuk merias Nicholson menjadi Joker. Desainer makeup prostetik Nick Dudman menggunakan cat makeup berbasis akrilik yang disebut PAX untuk membuat wajah Nicholson seputih kapur. Nicholson sendiri kerap tertidur ketika makeup artis merias wajahnya.

8. Desainer kostum Bob Ringwood mengaku kesulitan mendesain Batsuit karena citra Batman di komik adalah sosok berperawakan besar nan gagah dengan lesung pipit di pipi, sementara Keaton sendiri memiliki perawakan biasa.

9. Michael Jackson sempat diminta untuk menulis dan membawakan lagu-lagunya untuk film ini, namun Raja Pop itu terpaksa membatalkannya karena masih terikat komitmen konser.

10. Berbagai aktor top Hollywood, seperti Tom Cruise, Arnold Schwarzenegger, Mel Gibson, Tom Hanks, Bruce Willis, Pierce Brosnan, Robert Downey Jr., Harrison Ford, dan lainnya pernah dipertimbangkan untuk memerankan Batman dalam film ini.

Komentar Anda