10 Fakta Menarik Tentang Film Jumanji (1995)

Jumanji adalah salah satu film fantasi komedi paling terkenal di dunia. Dibintangi oleh Robin Williams, Bonnie Hunt, Kirsten Dunst, David Alan Grier, dan lainnya, film besutan Joe Johnston ini menceritakan dua anak yang menemukan sebuah permainan papan ajaib bernama Jumanji. Alan Parrish dan Sarah Whittle memainkan game itu di tahun 1969 dan mereka terjebak masuk ke dalamnya. 26 tahun kemudian, dua bocah lain memainkan game itu lagi, dan Alan dewasa akhirnya bebas. Tapi kemana perginya Sarah? Apa yang sebenarnya dilakukan game ajaib itu?

Jumanji

Berikut fakta-fakta menarik tentang Jumanji.

~O~

1. Film berdurasi 104 menit ini menggunakan budget sebesar 65 juta dolar AS dan mencatatkan keuntungan sensasional, 262,8 juta dolar AS.

2. Jumanji diangkat dari novel karya Chris Van Allsburg, namun plot yang ditampilkan sangat berbeda. Menurut Allsburg, kata Jumanji diambil dari kata bahasa Zulu yang berarti ‘banyak efek.’

3. Jumanji dianggap oleh banyak kalangan sebagai film besar yang mengembangkan konsep CGI lebih lanjut sebagaimana digunakan sebelumnya dalam film Jurassic Park.

4. Scarlett Johansson remaja pernah mengikuti audisi untuk mendapatkan peran sebagai Judy Shepherd, namun Kirsten Dunst yang mendapatkannya.

5. Pada bulan Juli 2012, beredar rumor bahwa film ini akan diremake dan saat itu sedang dalam tahap pengembangan. Sebulan kemudian, diumumkan bahwa Matthew Tolmach akan memproduksi film versi baru tersebut bersama William Teitler, produser Jumanji versi orisinil.

6. Tom Hanks adalah pilihan utama untuk memerankan Alan Parrish, namun kemudian Robin Williams yang mendapatkannya.

7. Game papan Jumanji sangat populer dari tahun ke tahun hingga pada satu titik game ini laku terjual di tahun 2014 seharga 60.800 dolar AS.

8. Kirsten Dunst dan Bradley Pierce hanya terpaut enam bulan, namun karakter mereka di film (Judy dan Peter Shepherd) terpaut usia empat tahun.

9. Meski dipasang sebagai pemeran utama (top billing), Robin Williams baru muncul di film ini pada menit ke-28.

10. Syuting film ini dilakukan di Keene, New Hampshire, meskipun ceritanya berlatar belakang di kota fiktif Brantford.

Komentar Anda