10 Fakta Menarik Tentang Film Veer-Zaara (2004)


Veer-Zaara adalah film Bollywood tahun 2004 yang menduetkan Shah Rukh Khan dengan Preity Zinta dan disokong beberapa nama seperti Rani Mukerji, Manoj Bajpayee, Kirron Kher, Divya Dutta, serta Anupam Kher. Di samping itu, aktor senior Amitabh Bachchan dan Hema Malini juga tampil sebagai cameo. Film arahan Yash Chopra ini mengisahkan asmara antara Veer, seorang pria India, dengan Zaara, seorang wanita Pakistan. Namun kisah cinta ini tak semulus yang diduga, karena suatu konspirasi memaksa Veer mendekam di penjara untuk waktu yang lama.

Veer-Zaara

Agar semakin seru, berikut kami hadirkan 10 fakta unik tentang film Veer-Zaara.

1. Peran Saamiya Siddiqui yang dimainkan Rani Mukerji awalnya diperuntukkan bagi Aishwarya Rai Bachchan, namun hal itu tak berjalan sesuai rencana.

2. Seluruh kostum yang dikenakan Shah Rukh Khan dalam film ini didesain sendiri oleh sahabatnya, Karan Johar, yang juga merupakan sutradara film top.

3. Veer-Zaara memiliki budget 3,7 juta dolar AS dan sukses mengemas keuntungan sekitar 14 juta dolar AS.

4. Aktor kawakan Dharmendra awalnya diproyeksikan untuk memerankan Choudhary Sumer Singh. Namun hubungan Dharmendra dengan sutradara Yash Chopra di masa lalu tidaklah bagus sehingga Dharmendra pun menolaknya.

5. Karakter Saamiya Siddiqui didasarkan pada sosok aktivis HAM dan pengacara Pakistan, Asma Jehangir.

6. Yash Chopra sempat kesulitan menemukan sutradara musik yang tepat untuk film ini. Ia menginginkan musik ‘jadul’ yang jauh dari pengaruh Barat serta memiliki melodi yang kuat dengan instrumen akustik. Sanjeev Kohli akhirnya menyarankan beberapa musik garapan ayahnya, Madan Mohan, untuk dicoba. Dari ratusan lagu, 35 dites, dan hanya 11 yang dipilih Aditya Chopra.

7. Sebelum Veer-Zaara dirilis, tidak ada layanan bus antara Amritsar dan Lahore. Namun karena adanya permintaan yang tinggi dari dua daerah perbatasan, pada tanggal 11 Desember 2005, setahun lebih sebulan setelah film ini dirilis, layanan bis pun diujicoba dan diresmikan pada 20 Januari 2006.

8. Film ini awalnya diberi judul Yeh Kahaan Aa Gaye Hum. Namun Yash Chopra menganggap judul Veer-Zaara lebih cocok dengan mood film ini.

9. Sutradara fotografi, Anil Mehta, menyelipkan warna sepia pada film ini untuk memberikan kesan penggambaran “film emas zaman dulu” serta memicu nostalgia dan memori film. Teknik sinematografi ini kemudian ditiru oleh banyak sineas.

10. Semua adegan di penjara diambil dalam satu hari. Shah Rukh Khan harus mengenakan wig khusus untuk mengubah penampilannya menjadi Veer yang sudah menua.

Komentar Anda