10 Fakta Mr. Sunshine, Drama Kolosal Korea Paling Keren Tahun Ini

Loading...

Drama Mr. Sunshine yang bertabur bintang sukses menjadi salah satu drama sageuk/historikal Korea paling sukses sekaligus kontroversial tahun ini. Dibintangi Lee Byung-hun, Kim Tae-ri, Yoo Yeon-seok, Kim Min-jung, dan Byun Yo-han, drama yang disiarkan tvN ini menyorot sepak terjang Choi Yoo-jin, seorang bocah Joseon yang terpaksa kabur ke Amerika Serikat setelah mengalami kejadian traumatis. Di sana dia hidup dalam lingkungan keras dan akhirnya sukses menjadi tentara berpangkat kapten. Di bawah nama barunya, Eugene Choi, dia dikirim kembali ke Joseon untuk menjalankan misi khusus.

Poster Mr. Sunshine

Apa saja hal-hal menarik dari drama ini? Simak baik-baik!

1. Mr. Sunshine ditulis oleh Kim Eun-sook dan disutradarai oleh Lee Eung-bok yang sebelumnya pernah berkolaborasi menggarap drama-drama blockbuster, yakni Descendants of the Sun dan Goblin alias Guardian: The Lonely and Great God, keduanya di tahun 2016.

2. Pasangan second lead dari drama Descendants of the Sun, Jin Goo dan Kim Ji-won, dihadirkan kembali sebagai cameo dengan peran sebagai orangtua Go Ae-shin (Kim Tae-ri).

3. Mr. Sunshine secara teknis adalah drama pertama Kim Tae-ri sebab sebelumnya dia hanya sekali bermain sebagai cameo di episode perdana drama Entourage. Aktris cantik ini lebih fokus bermain film.

Mr. Sunshine Drama

4. Lee Byung-hun dan Kim Tae-ri usianya terpaut 20 tahun. Meski sempat dicibir, pemirsa akhirnya tenggelam dalam chemistry mereka.

5. Mr. Sunshine berkali-kali masuk dalam daftar Most Buzzworthy Dramas mengungguli My ID Is Gangnam Beauty, 30 But 17, dan lain-lainnya. Sedangkan para aktornya seperti Kim Tae-ri, Lee Byung-hun, Yoo Yeon-seok, dll hampir selalu masuk dalam 10 besar Most Buzzworthy Actors.

6. Meski berhasil mencatatkan rating tinggi di setiap episode, beberapa netizen menilai drama ini terlalu lambat dan kurang seru. Tapi mereka bertahan untuk menonton drama berbudget 40 miliar won ini karena sinematografinya yang mencengangkan dan akting brilian para pemainnya.

7. Sebanyak 10 ribu pemain ekstra, sebagian besar dari luar negeri, diterjunkan untuk menciptakan adegan perang Spanyol-Amerika. Mereka semua mengenakan kostum sesuai masa itu.

Drama Perang Korea

8. Sebagian netter menyebut Mr. Sunshine sebagai drama terbaik karya penulis skenario Kim Eun-sook. Sejak episode kedua drama ini sudah mengantongi rating dua digit di tingkat nasional dan kini membidik angka 20%.

9. Mr. Sunshine juga sempat mendapat kritikan karena ketidakakuratannya dalam menggambarkan sejarah, termasuk menggambarkan budaya Joseon yang tidak beradab dan mundur. Kalangan lain menuding drama ini sebagai “pro-Jepang” serta memaksakan stereotype bahwa Jepang adalah penjahat dan Amerika adalah pahlawan. Petisi untuk memprotes drama ini pun muncul di internet dan ditandatangani puluhan ribu orang.

Mr Sunshine

Pihak drama mengklarifikasi bahwa apa yang ditampilkan di drama ini sepenuhnya hanyalah fiksi belaka dan mereka akan mengubah deskripsi salah satu karakternya, Goo Dong-mae (Yoo Yeon-seok).

10. Suho EXO memberi dukungan pada sahabatnya, Byun Yo-han, dengan mengirimkan truk kopi ke lokasi syuting Mr. Sunshine. Sebelumnya, Sehun EXO juga mengirimkan truk kopi untuk mendukung Yoo Yeon-seok.

Loading...

Komentarmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.