10 Fakta Seru di Balik Film Swades (2004)

Swades dianggap sebagai salah satu film Bollywood terbaik dalam dekade ini. Dibintangi Shah Rukh Khan dan Gayatri Joshi, Swades menghadirkan kisah tentang Mohan Bhargava, pria India yang bekerja di NASA. Suatu ketika Mohan merindukan tanah airnya dan ia memutuskan pulang ke kampung halamannya untuk menemui neneknya. Di sanalah Mohan bertemu dengan orang-orang menarik, termasuk Gita, kenalan masa kecilnya yang kini menjelma menjadi gadis cantik. Pada saat yang sama Mohan juga harus menghadapi berbagai masalah sosial yang membelit kehidupan di desa.

Swades

Berikut hal-hal menarik tentang film Swades yang perlu Anda simak.

1. Film ini menuai pujian kritis yang luas dan bahkan mendapat pengikut dari kalangan pemirsa India dan pemirsa Asia Selatan di seluruh dunia.

2. Untuk menjaga keotentikan di film ini, sutradara Ashutosh Gowariker melakukan syuting di Launch Pad 39A, di Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat. Dengan demikian, Swades menjadi film India pertama yang melakukan syuting di dalam pusat penelitian NASA.

3. Hritik Roshan didekati Ashutosh Gowariker untuk memerankan Mohan, namun ia menolak dengan alasan imejnya tak sesuai dengan karakter itu.

4. Upacara mahurat atau doa sebelum pembuatan film dilakukan pada tanggal 2 Januari 2004 dan dipimpin oleh Aamir Khan. Aamir sendiri menolak tawaran tampil dengan alasan ia merasa bosan dengan film ini.

5. Swades sebenarnya diangkat dari kisah nyata pasangan Ravikuchimanchi dan Aravinda yang kembali ke India dan membangun generator pedal untuk membangkitkan listrik di tempat-tempat terpencil di desa Bilagaon.

6. Tiga penghargaan Filmfare Awards berhasil dibawa pulang film Swades, termasuk gelar Aktor Terbaik untuk SRK.

7. Swades merupakan film pertama Gayatri Joshi, sosok model yang menjelma jadi aktris. Gayatri hanya bermain di dua film sejauh ini, yaitu Swades dan Wanted. Gayatri mendapatkan beberapa penghargaan lewat Swades, seperti Debutan Wanita Terbaik dari ajang Bollywood Movie Awards.

8. Dibuat dengan anggaran 210 juta rupee, film berdurasi 195 menit ini mencatatkan keuntungan yang cukup baik, 342 juta rupee.

9. Tushar Gandhi, cicit Mahatma Gandhi, mencatat adanya tema Gandhisme di film ini. Karakter SRK, Mohan, merupakan nama lahir Mahatma Gandhi, yaitu Mohandas atau Mohan. Swades bahkan dibuka dengan kutipan Gandhi.

10. Di NASA, Mohan Bhargava mengerjakan proyek yang disebut Global Precipitation Measurement (GPM) atau satelit pemantauan curah hujan. Proyek itu adalah misi asli NASA yang dirilis pada tahun 2014.

Komentar Anda