10 Fakta Seru Seputar Film Ghajini (2008)

Ingin melihat tubuh atletis nan seksi Aamir Khan? Tonton saja Ghajini. Film yang disutradarai A. R. Murugadoss ini mengusung genre thriller psikologis dengan tambahan unsur romantis khas Bollywood. Aamir berperan sebagai Sanjay Singhania, seorang pebisnis kaya yang menderita gangguan berupa ingatan yang sangat pendek. Tak hanya itu, Sanjay juga kehilangan wanita yang sangat dicintainya, Kalpana Shetty. Dengan gangguan ingatan parah itu, Sanjay menggunakan berbagai metode untuk selalu mengingat misi utamanya, yakni membalas dendam pada orang yang telah membuat hidupnya berantakan: Ghajini Dharmatma.

Poster Ghajini

Berikut 10 fakta seputar film seru ini.

1. Jika Anda pernah menonton film Memento yang dibintangi Guy Pearce, maka plot film Ghajini dan gangguan yang diderita Sanjay tidaklah asing. Plot utama Ghajini memang didasarkan pada film arahan Christopher Nolan tersebut. Nolan tahu bahwa filmnya dirilis di India dengan jalan cerita berbeda. Aktor top Anil Kapoor menceritakan bahwa ketika ia bertemu Nolan, sutradara top Hollywood itu bercanda dengan mengatakan dirinya ‘jengkel’ karena tidak diberi kredit atau kompensasi.

2. Karakter Aamir di film Ghajini dijadikan karakter utama dalam sebuah video game 3D, Ghajini – The Game, yang didasarkan pada film ini.

3. Ghajini sempat muncul sebagai film terlaris India sepanjang masa sebelum dipecahkan oleh film Aamir Khan lainnya, 3 Idiots. Uniknya, rekor 3 Idiots pada akhirnya juga dikandaskan oleh film Aamir yang lebih baru, PK.

4. Film ini menandai debut aktris cantik Asin Thottumkal di Bollywood. Sebelumnya, Asin tampil dalam film-film Telugu dan Tamil.

5. Jika dihitung dengan kurs 2016, film ini mengusung budget setara 10 juta dolar AS dan menghasilkan keuntungan sekitar 46 juta dolar AS.

6. Untuk menampilkan karakter Sanjay yang bertubuh atletis, Aamir Khan menjalani latihan rutin di gym selama setahun. Salah satu daya tarik film ini memang adalah tubuh macho eight-pack Aamir. Ia bahkan merilis sebuah video yang menampilkan bagaimana dirinya berlatih di gym dan ia juga memberi tips-tips seputar pembentukan tubuh.

7. Film ini semula diberi judul Kajri. Syuting dimulai di Chennai pada Mei 2007. Selain di Mumbai dan Bangalore, syuting juga dilakukan di beberapa lokasi di luar negeri, seperti di Cape Town (Afrika Selatan) dan Deadvlei (Namibia).

8. Film ini sebenarnya merupakan adaptasi dari film Tamil berjudul sama yang dibintangi Suriya dan Asin. Aamir Khan terkesan dengan jalan ceritanya serta penampilan Asin. Ia pun memutuskan untuk membuat ulang film itu dalam versi India dan meminta Asin untuk kembali memerankan Kalpana Shetty. Produser awalnya tak tertarik mengkasting aktris India selatan untuk mendampingi Aamir, namun Aamir bersikukuh bahwa Asin harus tetap tampil di film ini. Sebelumnya, sutradara lebih memilih Priyanka Chopra.

9. Nomor ponsel yang ditato di tubuh karakter Aamir Khan ternyata adalah nomor ponsel milik seorang wanita di Bangalore. Setelah film ini dirilis, wanita tersebut mendapat banyak SMS dan telepon. Hal ini terjadi tanpa disengaja. Pihak distributor film ingin membantu wanita itu, namun poster film yang menunjukkan Aamir bertatokan nomor ponsel itu sudah terlanjur tersebar luas.

10. Delapan buah lagu dimainkan dalam film ini sebagai soundtrack. Lagu pertama, “Guzaarish,” difilmkan di Skeleton Coast, Namibia. Secara keseluruhan, album Ghajini mendapat respon positif.

Komentar Anda