10 Fakta Unik Tentang Donnie Yen Bintang Laga Hong Kong

Penggemar film Ip Man pasti kenal dengan sosok aktor berwajah kalem ini. Donnie Yen atau juga dikenal dengan nama Yen Ji-dan adalah salah satu aktor laga Asia yang sukses mencuri perhatian pecinta film di seluruh dunia. Donnie sudah berkali-kali menjadi juara turnamen wushu dan ia dianggap sebagai sosok yang mempopulerkan gaya bela diri Wing Chun. Dalam beberapa tahun belakangan, popularitas Donnie juga kian meningkat, hingga di tahun 2009 ia dinobatkan sebagai aktor Asia dengan bayaran termahal di dunia.

Donnie Yen

Pria kelahiran Taishan ini memiliki banyak sisi unik, dan berikut kami hadirkan beberapa faktanya untuk Anda.

1. Tak hanya menguasai wushu dan Wing Chun, Donnie juga memiliki keterampilan mumpuni dalam berbagai aliran bela diri, mulai dari tinju, gulat, judo, Muay Thai, hapkido, taekwondo, Brazilian Jiu-Jitsu, kickboxing, Jeet Kune Do, dan lainnya.

2. Dalam memfilmkan setiap adegan laganya, Donnie menyukai perkelahian yang realistis, kreatif, dan nonkonvensional.

3. Di masa remajanya, ayah Donnie mengirimnya ke Akademi Wushu Beijing untuk belajar seni bela diri China pada Master Wu Bin, yang juga dikenal sebagai pelatih Jet Li.

4. Istimewanya, selain mahir bela diri, Donnie ternyata juga merupakan seorang pianis klasik yang terlatih.

5. Bahu kanan Donnie sempat mengalami cedera parah ketika syuting film Mismatched Couples (1985). Cedera itu masih mempengaruhinya sampai kini.

6. Donnie adalah penggemar legenda laga dunia, Bruce Lee. Dua film yang dibintanginya, Fist of Fury (1995) dan Legend of the Fist: The Return of Chen Zhen (2010), secara khusus ia dedikasikan untuk Bruce Lee.

7. Selain Bruce Lee, Donnia juga menyebut Jet Li sebagai aktor laga favoritnya di antara semua aktor laga yang pernah berakting dengannya.

8. Aktris laga Malaysia, Michelle Yeoh, menyebut Donnie Yen sebagai aktor bela diri tercepat yang pernah bekerja dengannya.

9. Setelah mempelajari gaya pembuatan film laga Hong Kong dari mentornya, Yuen Woo-ping, Donnie menjadi tertarik dengan pembuatan koreografi adegan laga dan mulai bekerja di belakang kamera dalam berbagai proyek film di pertengahan 90-an.

10. Pria yang besar di kota Boston ini setidaknya menguasai empat bahasa, yakni Kanton, Mandarin, Inggris, dan Korea kasual. Donnie mempelajari bahasa Korea untuk tampil dalam film Seven Swords (2005).

Komentar Anda