10 Fakta Unik Tentang Lionel Messi

Lionel Messi adalah pesepakbola fenomenal dalam satu dekade terakhir. Pemain Argentina yang kerap disebut sebagai “Titisan Maradona” ini lahir di Rosario pada tanggal 24 Juni 1987. Dengan postur tubuh yang relatif kecil, 170 cm, Messi menjelma menjadi bomber paling berbahaya di dunia. Messi memiliki segala skill yang dibutuhkan seorang pemain penyerang untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan. Berbagai kalangan sepakat menyebut Messi sebagai pemain terbaik dunia saat ini. Berikut 10 fakta menarik tentang Lionel Messi.

Messi

1. Messi adalah satu-satunya pemain dalam sejarah sepakbola yang telah merebut gelar FIFA Ballon d’Or alias Pemain Terbaik Dunia sebanyak empat kali, yang ia dapatkan secara berturut-turut.

2. Messi juga menjadi pemain pertama di dunia yang sanggup membawa pulang tiga gelar European Golden Shoes, yakni gelar pencetak gol terbanyak di liga Eropa.

3. Pemain yang mengenakan nomor punggung 10 di Barcelona ini juga memegang sejumlah gelar Guinness World Records, antara lain pencetak gol terbanyak di La Liga sepanjang masa, pencetak gol terbanyak La Liga dalam satu musim, pencetak gol terbanyak dalam satu tahun, dan lainnya.

4. Sebagai pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang masa, Messi selalu diturunkan di setiap pertandingan. Dampaknya, Messi sempat mengalami cedera hingga dua kali gagal menjadi Pemain Terbaik Dunia. Cristiano Ronaldo, rival abadinya, merebut gelar itu.

5. Messi adalah penggemar berat tim Newell’s Old Boys yang bermarkas di kampung halamannya, Rosario. Di usia enam tahun, Messi bergabung dengan Newell’s dan selama periode enam tahun ia sudah mencetak lebih dari 500 gol.

6. Di usia 10 tahun, masa depan Messi untuk menjadi pesepakbola sempat terancam lantaran ia menderita penyakit kekurangan hormon pertumbuhan. Asuransi kesehatan ayah Messi hanya bisa menutup biaya perawatan selama dua tahun. Newell’s awalnya hendak menyumbang biaya perawatan Messi, namun batal. Demikian pula dengan River Plate, klub yang dibela Messi selanjutnya. River tak mampu membayar biaya perawatan Messi karena situasi ekonomi Argentina yang sulit kala itu.

7. Messi mencoba peruntungannya di Barca di usia 14 tahun. Direktur Barca kala itu, Charly Rexach, ingin segera mengontrak Messi, namun para direktur lain masih enggan. Waktu itu, bukanlah hal lazim bagi tim-tim Eropa untuk mengontrak pemain asing di usia semuda itu. Ultimatum sempat dilayangkan pada Barca untuk membuktikan komitmen mereka, dan Rexach yang tak membawa kertas menawarkan kontrak di atas lap kertas.

8. Di usia 17 tahun 3 bulan 22 hari, Messi menjadi pemain termuda Barcelona yang mewakili tim asal Catalan itu di kompetisi resmi.

9. Di awal karirnya bersama Barca, Messi tampil sempurna dengan mengandaskan Juventus ketika ia diturunkan sebagai starter untuk pertama kalinya. Pelatih Juve, Fabio Capello, meminta Barca untuk meminjamkan Messi, sedangkan Inter Milan juga berniat membeli Messi dengan harga tinggi dan menggajinya tiga kali lipat. Presiden Barca kala itu, Joan Laporta, mengatakan bahwa ini kali pertamanya bagi klub menghadapi resiko nyata kehilangan Messi. Namun Messi memutuskan tetap tinggal di Camp Nou.

10. Meski menolak adanya rivalitas, Messi selalu diperbandingkan dengan megabintang lain, Cristiano Ronaldo. Mereka berlomba mendapatkan gelar Ballons d’Or dan European Golden Shoes. Masyarakat pecinta bola dan fans selalu memperdebatkan siapa yang terbaik di antara mereka. Di luar lapangan, Ronaldo adalah kompetitor langsung Messi dalam hal gaji, sponsor, dan basis massa di media sosial.

Komentar Anda