10 Film Shah Rukh Khan Terbaik dan Terpopuler

Siapa yang menjadi Raja Bollywood? Siapa yang dijuluki “King Khan”? Siapa aktor India paling kaya? Atau, siapa orang India dengan follower twitter terbanyak? Semua pertanyaan-pertanyaan di atas dapat dijawab dengan satu nama: Shah Rukh Khan. Siapa yang tak kenal dengan nama pria asal New Delhi ini? Aktor kelahiran 2 November 1965 ini memang sudah tak lagi muda, namun gaung namanya masih keras. Eksistensi dan popularitasnya masih terjaga. Begitu pun dengan karya-karyanya yang masih tetap dicari dan disaksikan banyak orang.

Shah Rukh Khan

Jika merunut ke belakang, Shah Rukh Khan memulai debut karier aktingnya di tahun 1992 lewat film bertajuk Deewana. Namanya semakin bersinar pasca ia membintangi film Dilwale Dulhania Le Jayenge. Film tersebut memang membius dunia. Cerita romantisnya begitu menghibur, menyentuh, sekaligus meninggalkan kesan mendalam bagi penontonnya. Akting Shah Rukh Khan serta lawan mainnya, Kajol, mendapat pujian luas.

Bicara soal film yang pernah dibintangi Shah Rukh Khan, tentu pembahasannya akan sangat panjang. Karena itu kami mengerucutkannya menjadi top 10 saja. Mari kita simak ulasannya.

~O~

Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)

Dilwale Dulhania Le Jayenge

Film Dilwale Dulhania Le Jayenge (DDLJ) dirilis pada 20 Oktober 1995. Demi menunjang skema cerita, film dengan tema romantis ini sampai melakukan prosesi syuting di berbagai spot yang ada di India, London, dan Swiss. Namun biaya besar yang dikeluarkan tak berarti apa-apa dibandingkan kesuksesan yang diraihnya. DDLJ bahkan menjadi satu di antara tiga film India yang masuk daftar bergengsi dalam buku 1001 Movies You Must See Before You Die.

Di film ini, Shah Rukh Khan berperan sebagai Raj Malhotra. Dia jatuh hati pada sosok Simran Singh yang diperankan dengan apik oleh Kajol. Sayang, cinta mereka terhadang restu orang tua. Ayah Simran yang bernama Baldev Singh (Amrish Puri) memiliki janji yang mesti ia penuhi. Ia akan menjodohkan Simran dengan putra sahabatnya, Kuljeet (Parmeet Sethi).

Kuch Kuch Hota Hai (1998)

Gambar Film Kuch Kuch Hota Hai

Sejak rilis pada 16 Oktober 1998, film ini langsung menjadi magnet. Semua perhatian penonton tersedot. Paket cerita drama-romantis-komedi ini tak lepas dari peran penting Karan Johar selaku sutradara dan penulisnya. Begitu juga dengan duet Shah Rukh Khan dan (lagi-lagi) Kajol yang dipasangkan untuk keempat kalinya dalam film. Chemistry di antara mereka pun terjalin sangat kuat.

Kita bisa kembali mengingat bagaimana Anjali Sharma (Kajol) berperan penting untuk menguatkan karakter Rahul Khanna (Shah Rukh Khan). Rahul Khanna adalah salah satu mahasiswa di St. Xavier. Dia bersahabat dengan Anjali dan tak peka dengan perasaan cinta yang dimiliki sahabatnya tersebut padanya. Ketika hadir sosok Tina, ia baru tahu bagaimana rasanya jatuh cinta. Mereka bahkan menikah, memiliki buah hati, dan memilihkan nama Anjali untuk anak mereka.

My Name Is Khan (2010)

Gambar Film My Name Is Khan

Setelah sukses dengan Kuch Kuch Hota Hai, Karan Johan kembali mengarahkan film yang dibintangi oleh The Golden Pair Shah Rukh Khan dengan Kajol. Di saat rilis, My Name Is Khan langsung menjadi film Bollywood termahal yang pernah diproduksi. Namun biaya besar tersebut membuat film ini begitu ditunggu. Dua alasan utama yang mendasarinya adalah hadirnya dua bintang utama Shah Rukh Khan dan Kajol serta keberanian film ini dalam mengusung tema cerita yang sensitif.

Shah Rukh Khan bermain sebagai Rizwan Khan. Dia adalah sosok lelaki unik yang didiagnosa mengidap sindrom asperger. Pasca kematian ibunda yang dicintainya, ia pindah ke San Fransisco menyusul saudaranya, Zakir. Di sana ia bertemu dengan Mandira serta anak lelakinya. Mereka menikah. Keduanya kemudian mengarungi cerita romantis, komedi, sekaligus dramatis.

NEXT

Komentar Anda