10 Hal Menarik di Balik Film Ip Man 2 (2010)

Sebagai kelanjutan film Ip Man yang rilis dua tahun sebelumnya, Ip Man 2 kembali menghadirkan kisah legenda bela diri Yip Man yang diperankan oleh Donnie Yen. Kali ini, Yip Man hidup di Hong Kong yang masih dikuasai pemerintahan kolonial Inggris. Yip Man adalah pria bersahaja yang ingin mengajarkan ilmu Wing Chunnya seraya mencari nafkah, namun ia mendapat banyak tantangan dari para master bela diri lokal. Muridnya semakin bertambah dan Yip Man mulai menjadi sasaran politis para guru bela diri di sana.

IP Man 2

Berikut 10 fakta yang perlu Anda tahu tentang Ip Man 2.

==O==

1. Sekuel film ini sudah diumumkan sang produser, Raymond Wong, sebelum film Ip Man pertama dirilis pada Desember 2008.

2. Sebenarnya, sineas ingin fokus pada hubungan antara Yip Man dengan muridnya yang paling terkenal, Bruce Lee, namun mereka mendapat halangan dari para keturunan Bruce Lee terkait hak filmnya. Akhirnya karakter Bruce Lee hanya ditampilkan sekilas sebagai anak kecil.

3. Dibuat dengan budget 12 juta dolar AS, film arahan Wilson Yip ini menjadi box office dengan torehan keuntungan 49 juta dolar AS.

4. Darren Shahlavi, pemeran jawara tinju arogan yang menantang Yip Man, Twister, sudah menggemari film-film Hong Kong sejak ia masih muda. Ia bahkan pernah mengikuti seminar tentang film laga yang diadakan Donnie Yen 20 tahun yang lalu di London, Inggris. Sayang, aktor berbakat ini meninggal pada 14 Januari 2015 di Los Angeles karena serangan jantung.

5. Sammo Hung tak hanya menjadi aktor utama, tapi juga koreografer laga. Sebelum syuting Ip Man 2, ia menjalani operasi jantung. Adegan dramatis Hung disyuting terlebih dahulu, sedangkan adegan pertarungannya diambil belakangan.

6. Meski fisiknya masih terganggu, Sammo Hung tetap melakukan adegan berbahayanya sendiri. Akibatnya ia mengalami sejumlah cedera. Hung bahkan terkena pukulan di wajah oleh Darren Shahlavi, namun ia tetap bertahan sampai syuting selesai sebelum kemudian dilarikan ke rumah sakit. Ia menghabiskan waktu lima jam untuk menyelesaikan adegannya sebelum mendapat empat jahitan.

7. Sammo Hung mengaku tak puas dengan adegan pertarungannya karena masalah jantung yang dideritanya. Namun ia menyatakan akan menantang kembali Donnie Yen di film mendatang.

8. Huang Xiaoming, pemeran Wong Leung alias murid pertama Yip Man, mengubah kamar hotelnya menjadi gym untuk mempersiapkan diri jelang syuting. Ia mendapat sejumlah cedera dan memar karena latihan kerasnya dengan Mok Yan Jong alias gelondongan kayu untuk berlatih Wing Chun. Wilson Yip pun melayangkan banyak pujian untuknya.

9. Wilson Yip dan Donnie Yen mencari orang yang tepat untuk memerankan Bruce Lee di seluruh dunia. Di China, ada 1.300 orang yang mengikuti audisi. Dari dua kandidat akhir yang tersisa, mereka akhirnya memilih Jiang Dai Yan dan Henan untuk memerankan Bruce Lee remaja.

10. Donnie Yen menyatakan sudah tak tertarik lagi untuk membuat film tentang Ip Man, namun kini ia tampil di film yang konon menjadi film laga terakhirnya, Ip Man 3.

Komentar Anda