10 Organisasi Kriminal (Gangster) Paling Berbahaya di Dunia

Ketika mendengar kata gangster, pikiran kita pasti akan terbayang pada sebuah organisasi kriminal brutal yang terdiri atas orang-orang menyeramkan dan berdarah dingin yang sangat akrab dengan berbagai tindakan kriminal nan keji. Kebanyakan gangster bergerak di bidang obat-obatan terlarang. Mereka juga kerap terlibat dalam pembunuhan, perampokan, bisnis terlarang, serta rivalitas berdarah. Organisasi mereka terstruktur rapi, anggotanya ribuan, dan keberadaannya sangat meresahkan namun juga susah untuk diberantas.

Gangster

Gangster biasanya memiliki ciri khas khusus, biasanya berupa tato di tubuh para anggotanya. Kisah kehidupan gangster kerap diangkat ke dalam film layar lebar, dan dari situlah sedikit banyak kita tahu bagaimana kehidupan nyata para penjahat ini. Lalu apa saja organisasi kriminal paling berbahaya saat ini?

–O–

Cosa Nostra

Gambar Cosa Nostra

Cosa Nostra atau kelompok mafia Sisilia, Italia, adalah sindikat kriminal tua yang memiliki sejarah panjang. Setiap kelompok disebut sebagai ‘keluarga’ atau ‘cosca’ yang menguasai wilayah tertentu. Mereka bergerak di bidang perlindungan, arbitrasi, serta pengorganisasian dan pengawasan berbagai transaksi dan kesepakatan ilegal. Seiring dengan imigrasi, para mafia Sisilia juga menyebar ke berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Australia. Selain terlibat dalam berbagai tindakan kekerasan sebagaimana gangster lainnya, bisnis Cosa Nostra juga menjangkau dunia politik, seperti jual beli suara.

Crips

Gambar Crips

Crips merupakan ganster Afrika-Amerika yang didirikan di Los Angeles pada tahun 1969 silam. Crips didirikan oleh dua orang, Raymond Washington dan Stanley Williams. Kesatuan gangster ini kini sudah pecah meski masih terhubung, dan keduanya kerap terlibat ‘perang saudara’. Crips adalah salah satu gangster terbesar dan paling brutal di Amerika Serikat. Anggotanya diperkirakan mencapai 30-35 ribu orang. Mereka bergerak di berbagai bidang, meliputi perdagangan narkoba, pembunuhan, perampokan, prostitusi, dan sebagainya. Para anggotanya secara tradisional mengenakan pakaian biru.

Wah Ching

Gambar Wah Ching

Wah Ching adalah kelompok gangster Triad China-Amerika yang berasal dari San Francisco, Amerika Serikat. Wah Ching muncul pada tahun 1960-an. Organisasi besar ini mengontrol sebagian besar aktivitas kriminal di komunitas Asia-Amerika di wilayah San Francisco hingga Los Angeles. Anggota Wah Ching diperkirakan sekitar 3.000 orang. Wah Ching pertama kali menjadi perhatian ketika mereka terlibat dalam Pembantaian Golden Dragon di tahun 1977 silam. Wah Ching memiliki rivalitas abadi dengan gangster Asian Boyz. Kedua gang pertama kali bentrok pada tahun 90-an.

Yakuza

Gambar Yakuza

Gangster transnasional ini berasal dari Jepang dan anggotanya sangat besar, diperkirakan mencapai 102.400 orang di seluruh dunia. Yakuza dikenal memiliki aturan sangat ketat dalam menjalankan setiap aksinya. Meski ada banyak grup Yakuza, jika digabungkan mereka merupakan kelompok organisasi kriminal terbesar di dunia. Setidaknya ada tiga sindikat Yakuza yang paling besar, yaitu Yamaguchi-gumi (beranggotakan 55.000 orang), Sumiyoshi-kai (20.000 orang), dan Inagawa-kai (15 ribu orang). Para anggota Yakuza bercirikan tato di sekujur tubuhnya, dan mereka paling aktif beroperasi di Jepang, Amerika Serikat, serta Korea Utara.

Bloods

Gambar Bloods

Gangster yang merupakan rival terbesar Crips ini adalah gangster jalanan Afrika-Amerika yang didirikan di Los Angeles. Rivalitas Bloods dan Crips sudah berlangsung sejak era 60-an. Anggota Bloods diperkirakan mencapai 15-20 ribu orang, dan mereka bergerak di bidang obat-obatan, pembunuhan, perampokan, prostitusi, dan lainnya. Ciri khas anggotanya adalah mengenakan pakaian atau atribut merah serta tanda tangan khusus. Bloods memiliki struktur organisasi yang longgar. Mereka tak punya pemimpin utama, dan struktur hirarkinya didasarkan pada berapa lama seseorang terlibat dengan kegiatan kriminal tertentu.

NEXT

Komentar Anda