10 Pemain Sepak Bola Terbaik di Era 90-an

Era 90-an adalah salah satu era terbaik dalam sepak bola di mana kekuatan tim-tim raksasa Eropa relatif merata, tak seperti sekarang yang hanya didominasi beberapa klub saja. Di era 90-an, banyak bakat besar yang meroket dari seluruh dunia, beberapa dari mereka bahkan disebut sebagai pemain legendaris dunia. Dekade ini juga merupakan fase terpenting dalam perkembangan teknik dan gaya permainan sepak bola modern.

Pemain 90-an

Bagi pecinta bola sejati, tak satu pun nama di bawah ini yang terdengar asing. Mereka adalah seniman lapangan hijau penuh talenta yang begitu berjaya di masanya. Mereka memang sudah tak merumput lagi, namun sepak terjang mereka di masa lalu masih akan dikenang oleh publik bola. Mari kita simak ulasan 10 pesepak bola terbaik dari era 90-an.

Line

Ronaldo

Foto Ronaldo

Semasa jayanya, Ronaldo adalah bomber yang menakutkan. Pemain berjuluk “The Phenomenon” ini sudah tiga kali dinobatkan menjadi Pemain Terbaik Dunia versi FIFA. Gaya main Ronaldo sangat khas Samba. Ia mengandalkan kecepatan, power, dan skill individu untuk membombardir pertahanan lawan. Ronaldo juga punya dua kaki yang sama kuatnya.

Zinedine Zidane

Foto Zinedine Zidane

Tiga kali meraih gelar Pemain Terbaik Dunia versi FIFA, Zidane adalah salah satu gelandang terbaik sepanjang masa. Pemain yang pernah membela Juventus dan Real Madrid ini punya visi permainan yang elegan, teknik serta skillnya sangat menakjubkan. Zidane adalah salah satu pemain yang paling berpengaruh di era 90-an yang telah memamerkan sihirnya di lapangan.

Paolo Maldini

Foto Paolo Maldini

Maldini adalah bek kiri terkuat yang pernah dimiliki AC Milan. Selama dua setengah dekade, Maldini telah membuktikan bahwa ia adalah bek paling komplit di dunia. Teknik bermain Maldini yang luar biasa membuat dirinya disegani oleh para pemain lawan. Pemain penuh stamina ini juga punya agresivitas yang menakutkan dari sisi kiri penyerangan Milan.

Roberto Baggio

Foto Roberto Baggio

Baggio adalah tipikal pemain kreatif yang punya daya jelajah tinggi di jantung pertahanan lawan. Ia bisa beroperasi sebagai gelandang serang, playmaker, atau penyerang murni. Di setiap tim Italia yang dibelanya, Baggio selalu memberi kontribusi signifikan dalam bentuk gol dan assist penting. Ia juga dikenal memiliki tembakan dan tendangan bebas melengkung yang akurat.

Roberto Carlos

Foto Roberto Carlos

Gelandang kiri Brasil ini dijuluki sebagai “Manusia Peluru” karena punya tendangan melengkung super keras yang kecepatannya bisa mencapai 169 km/jam. Carlos adalah pemain enerjik yang punya kecepatan, stamina, teknik matang, serta umpan crossing akurat. Di tahun 2004, FIFA memasukkan nama Carlos dalam Daftar 100 pemain terbesar dunia.

Peter Schmeichel

Foto Peter Schmeichel

Jika melirik sosok di bawah mistar dari era 90-an, maka Peter Schmeichel ada dalam daftar yang paling atas. Pemain Denmark bertinggi 191 cm dengan bobot 105 kg ini begitu besar hingga sosoknya seolah tampak memenuhi gawang. Mantan kiper Manchester United ini memiliki reflek sangat cepat, teknik mengagumkan, serta naluri kepemimpinan di lapangan.

Dennis Bergkamp

Foto Dennis Bergkamp

Sebagai seorang striker penganut Total Football, Bergkamp sangatlah produktif. Ia telah mencetak lebih dari 550 gol di sepanjang karirnya di level klub. Bergkamp adalah satu-satunya pemain Belanda yang menjadi penghuni English Football Hall of Fame. Teknik, visi, serta umpan akuratnya menjadikan Bergkamp sosok bomber paling berbahaya di dunia.

Marco van Basten

Foto Marco van Basten

Striker cerdas asal Belanda ini dikenal memiliki gaya serangan yang spektakuler serta tendangan voli yang mematikan. Dianggap sebagai salah satu penyerang terbaik Belanda sepanjang masa, Basten yang hanya membela dua klub ini (Ajax dan AC Milan) memiliki segala senjata untuk membongkar pertahanan lawan. Basten adalah tipikal penyerang yang cepat dan oportunis.

Thierry Henry

Foto Thierry Henry

Henry menyandang status sebagai penyerang Arsenal paling subur sepanjang masa. Rekor golnya di level klub mendekati angka 600. Pemain spesialis tendangan bebas ini memiliki kecepatan luar biasa hingga ia bisa dengan mudah lolos dari jebakan offside. Ia adalah penyerang kreatif yang tidak egois. Tendangan keras nan akurat serta teknik brilian adalah ciri khas Henry.

Luis Figo

Foto Luis Figo

Winger elegan asal Portugal ini pernah bermain untuk tiga tim rakasa Eropa: Barca, Madrid, dan Inter. Ia memberikan kontribusi besar bagi tiga tim itu. Dianggap sebagai winger terbaik sepanjang masa, Figo punya trik dan tipuan yang cerdas. Umpan silang melengkungnya adalah santapan lezat para striker. Tendangan bola mati juga merupakan andalan Figo yang lainnya.

One thought on “10 Pemain Sepak Bola Terbaik di Era 90-an

Komentarmu