10 Trivia Unik Film The Imitation Game (2014)

The Imitation Game adalah film thriller drama historis yang menampilkan Benedict Cumberbatch sebagai pemeran Alan Turing, seorang ilmuwan dan kriptanalis legendaris Inggris yang memecahkan kode-kode rahasia Jerman pada pemerintah Inggris selama Perang Dunia II berlangsung. Film yang digarap sutradara Morten Tyldum ini mampu menghadirkan kisah Turing pada audiens dengan brilian, sehingga tak heran satu piala Oscar dan delapan nominasi Oscar diterimanya. Film ini sangat disarankan pada Anda yang menyukai film penuh teka-teki.

The Imitation Game

Nah, kini saatnya kami ajak Anda menyimak 10 fakta unik film ini.

1. Alan Turing sering terlihat berlarian dalam sejumlah adegan film ini. Faktanya, Turing merupakan sosok pelari jarak jauh kelas dunia dengan catatan waktu marathon 2:46:03 yang dicapai pada tahun 1946.

2. Benedict Cumberbatch mengaku bahwa di salah satu adegan akhir, ia benar-benar menangis sampai memerlukan istirahat. Penjiwaan aktor satu ini memang layak mendapat acungan jempol.

3. Dalam film ini, Benedict dan Alex Lawther, pemeran Turing muda, sama-sama mengenakan gigi palsu yang merupakan imitasi dari gigi palsu milik Alan Turing yang sudah berusia 60 tahun. Ini adalah inisiatif Benedict sendiri karena tak seorang pun yang menyuruhnya memakai gigi palsu seperti Turing.

4. Dengan budget yang terbilang cukup kecil, 14 juta dolar AS, film ini muncul menjadi film box office yang menorehkan keuntungan mencapai 227,8 juta dolar AS.

5. Majalah TIME merangking penampilan Benedict sebagai Turing di urutan pertama dalam daftar “Best Performances” di tahun 2014.

6. Menurut situs silsilah keluarga, Ancestry.com, Benedict dan Turing sebenarnya bertalian darah. Mereka merupakan sepupu ke-17 dari keluarga yang berasal dari abad ke-14. Konon keduanya merupakan keturunan John Beaufort, Pangeran Somerset pertama.

7. The Imitation Game merupakan film pertama yang ditulis oleh penulis debutan, Graham Moore. Moore ingin menulis sebuah film tentang Turing sejak umur 14 tahun. Hasilnya luar biasa, Graham mendapat piala Oscar pertamanya berkat film ini.

8. Adegan ketika Turing bersekolah diambil di Sherborne School, yang merupakan tempat Turing mengenyam pendidikan antara tahun 1926 sampai 1931. Pemeran ekstra yang ditampilkan adalah para murid asli sekolah tersebut pada saat syuting berlangsung.

9. Benedict Cumberbatch dan Keira Knightley adalah sahabat baik di luar film. Mereka pernah bermain bersama dalam film bertema Perang Dunia II lainnya, Atonement, di tahun 2007. Uniknya, pada saat film ini dirilis keduanya sama-sama sedang berbahagia. Benedict mengumumkan pertunangannya dengan sutradara teater Sophie Hunter, sementara Keira mengumumkan bahwa ia sedang mengandung anak pertamanya dengan musisi James Righton, suaminya.

10. Stasiun kereta api King’s Cross di London yang muncul dalam film ini adalah stasiun yang sama yang ditampilkan dalam film Harry Potter ketika Harry naik kerta menuju Hogwarts.

Komentar Anda